Wikimedia Tambahkan Fitur yang Bisa Buat Editor Baru Lebih Betah Gunakan Wikipedia
Fitur baru di Wikipedia (foto: Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Wikimedia Foundation, perusahaan induk dari Wikipedia menambahkan fitur baru  yang untuk memudahkan pengguna melakukan pengeditan sendiri di platform Wikipedia. 

Wikimedia telah menguji fitur tambahan untuk pendatang baru ini sejak 2019, dan sekarang mereka secara resmi meluncurkannya ke platform Wikipedia. 

"Cara kami berpikir tentang fitur-fitur ini agaknya dimulai dari tempat yang mengatakan: sangat sulit untuk mengedit Wikipedia. Ada begitu banyak hambatan untuk masuk," kata manajer produk grup Marshall Miller mengutip The Verge

Fitur baru ini, memungkinkan pengguna yang masuk ke akun Wikipedia melihat halaman arahan untuk editor baru. 

Mereka juga akan diberi mentor dari veteran situs yang lebih berpengalaman yang dapat menjawab pertanyaan. Jikan berjalan lancar, fitur akan diluncurkan pada Rabu, 26 Oktober 2022.

Fitur kedua adalah Pengeditan Sederhana. Di sana, melalui halaman arahan tersebut para editor baru akan didesak untuk mulai melakukan pengeditan kecil, sesuai dengan apa yang disarankan oleh sistem pembelajaran mesin Wikimedia.

Selain tab edit standarnya, Wikimedia juga menambahkan panduan untuk tugas pendatang baru yang disarankan seperti pengeditan salin dan opsi yang disebut "tugas terstruktur" yang mencakup hal-hal seperti menambahkan gambar yang relevan dan tautan lintas wiki ke halaman.

Lebih lanjut, Wikimedia juga meluncurkan "tambahkan tautan" ke putaran wiki lainnya. Jika semuanya berjalan lancar, wiki akan menerima fitur "tambah tautan" pada 27 Oktober 2022.

Dalam pengujian yang bertujuan membuat komunitas tetap bertahan sebagai editor Wikipedia ini, sekitar 16 persen orang merasa lebih mungkin untuk melakukan pengeditan pertama mereka, dan 16 persen lainnya mungkin akan kembali dan membuat artikel yang lain.

Meskipun perubahan ini sebagian besar bersifat teknis, tujuan adanya perubahan ini adalah untuk membantu meningkatkan jumlah orang yang merasa nyaman terhubung dengan manusia lain di komunitas Wikipedia, terutama untuk editor baru.