Antarmuka Wikipedia Akhirnya Dirombak Setelah Lebih dari 10 Tahun
Wikipedia akhirnya mendapatkan perubahan pertama di desktop setelah lebih dari satu dekade. (foto: dok. Wikipedia)

Bagikan:

JAKARTA - Wikipedia akhirnya mendapatkan perubahan pertama di desktop setelah lebih dari satu dekade. Antarmuka (UI) yang diperbarui bertujuan untuk membuat situs lebih mudah diakses dan lebih modern.

Pembaruan ini pertama kali muncul untuk versi bahasa Inggris, sementara Wikimedia Foundation menyatakan, Wikipedia versi bahasa lain masih harus menunggu untuk tampilan baru ini.

Untuk mengembangkan antarmuka baru, Wikimedia Foundation terlibat dengan lebih dari 30 grup sukarelawan berbeda dari seluruh dunia, dengan pengguna di tempat-tempat seperti India, Indonesia, Ghana, dan Argentina, semuanya membantu menguji pembaruan dan memberikan wawasan tentang pengembangan produk.

“Pembaruan desktop Wikipedia adalah salah satu peningkatan besar yang dilakukan Wikimedia Foundation untuk membantu orang-orang mengakses pengetahuan dunia dengan mudah, untuk mendukung misi kami memastikan setiap orang di planet ini memiliki akses pengetahuan yang bebas dan setara, di mana pun mereka berada. tinggal atau dari mana mereka berasal,” ujar Chief Product and Technology Officer di Wikimedia Foundation, Selena Deckelmann.

Antarmuka baru ini menbawa bidang pencarian yang telah dipusatkan dan dipindahkan ke bagian atas halaman dan bilah menu sebelah kiri, di mana pengguna dapat dengan mudah melompat ke berbagai sub-judul di seluruh halaman.

Jika browser terlalu kecil, menu sidebar yang dapat dilipat untuk pengalaman membaca yang lebih bebas gangguan dan perubahan pada lebar garis maksimum. Wikimedia Foundation menjelaskan, membatasi lebar teks bentuk panjang membuat pengalaman membaca lebih nyaman dan meningkatkan retensi konten.

Namun, toggle tersedia untuk pengguna yang masuk dan keluar di setiap halaman jika monitor berukuran 1600 piksel atau lebih lebar, di mana pengguna dapat menambah lebar halaman.

Melansir TechCrunch, Jumat, 20 Januari, pengguna yang masuk juga dapat mengatur lebar di halaman preferensi mereka. Ukuran font default juga ditingkatkan untuk kenyamanan membaca yang lebih baik.

Perubahan desain lainnya adalah pengalih bahasa, sekarang dinaikkan ke posisi baru yang lebih menonjol di kanan atas, pembaca dan editor dapat dengan mudah beralih di antara lebih dari 300 bahasa yang didukung.

Fitur ini bisa membantu di pasar negara berkembang di mana pengguna multibahasa terkadang ingin mengakses halaman dari bahasa lain.

“Fitur-fitur ini dibuat dengan umpan balik dari pembaca dan sukarelawan dari seluruh dunia, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan audiens kami yang semakin beragam, sekaligus menjaga kesan sederhana dan lugas yang telah dipercaya jutaan orang selama 22 tahun terakhir," tutur Deckelmann.