Bagikan:

JAKARTA - Beberapa perubahan besar akan diluncurkan Apple pada jam tangan pintarnya, Apple Watch tahun ini. Perusahaan diklaim sedang mengerjakan antarmuka baru watchOS 10.

Mark Gurman, dari Bloomberg dalam buletin Power On-nya melaporkan, Apple akan membawa perubahan besar yang akan difokuskan pada widget untuk watchOS 10.

Widget merupakan bagian inti dari antarmuka pengguna watchOS 10. Gurman mengingatkan desain baru tersebut seperti pada tampilan jam Siri yang dibawa di watchOS 4 dan mirip dengan tumpukan widget yang kemungkinan mirip dengan tampilan iPhone dan iPad saat ini.

"Rencananya adalah bagi pengguna untuk menelusuri serangkaian widget yang berbeda – acara waktu nyata, cuaca, harga saham, janji temu kalender, dan banyak lagi, tanpa meluncurkan aplikasi,” ujar Gurman.

“Antarmuka baru akan bertindak sebagai overlay pada setiap tampilan jam," imbuhnya. Gurman menyatakan, tujuan keseluruhan dari desain baru ini adalah agar pengguna dapat meninjau informasi lebih cepat, tanpa membuka aplikasi.

Tampaknya, perusahaan juga tengah menguji perubahan pada fungsi yang dilakukan oleh tombol Apple Watch. Seperti, menekan Digital Crown sekarang dapat meluncurkan tampilan widget baru, daripada menavigasi ke layar beranda.

Langkah tersebut, dipercaya Gurman adalah pengakuan raksasa teknologi di mana pengalaman aplikasi seperti iPhone tidak selalu masuk akal pada jam tangan karena aplikasi Apple Watch hampir tidak dapat digunakan. Apple dapat menjadikan antarmuka baru sebagai opsional.

Selain itu, fitur lain yang diharapkan pada watchOS 10 adalah peningkatan pelacakan kebugaran dan masa pakai baterai yang lebih baik.

Perubahan tersebut merupakan bagian dari apa yang diklaim Gurman sebagai salah satu pembaruan perangkat lunak terbesar Apple Watch sejak diperkenalkan dan perubahan paling signifikan pada Apple Watch tahun ini, seperti dikutip dari MacRumors dan GizChina, Selasa, 2 Mei.