Apple Bakal Bawa Perubahan Notifikasi dan Fitur Kesehatan Lainnya di iOS 16
Apple mengungkap iOS 16 di gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022 pada Juni nanti, (foto : Szabo Viktor / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple akan mengungkap iOS 16 di gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022 pada Juni nanti, dan menurut rumor yang beredar, perusahaan akan mengubah notifikasi di perangkat lunak tersebut.

Namun, menurut jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, iOS 16 tidak akan menawarkan desain ulang ujung ke ujung, itu artinya seluruh desain perangkat lunak itu akan tetap sama lagi tahun ini.

Terakhir kali Apple benar-benar merombak keseluruhan iOS adalah dengan iOS 7, desain ulang yang bukannya tanpa kritik dan telah dikurangi secara besar-besaran selama proses pengujian beta.

Sejak itu, Apple telah membuat perubahan bertahap pada aplikasi individual dan aspek iOS, tetapi sejak iOS 7 meluncur hingga kini perusahaan belum membuat perubahan besar dari segi desain.

Melansir 9to5Mac, Selasa, 12 April,  fokus yang dikabarkan pada notifikasi menarik karena Apple telah membuat banyak perubahan pada sistem notifikasi iOS selama dua tahun terakhir, dengan pengenalan fitur seperti Notification Summary dan Focus Modes.

Selain itu, Gurman mengatakan Apple juga akan membawa fitur pelacakan kesehatan baru. Apple telah menjadikan aplikasi Health dan integrasinya dengan Apple Watch sebagai titik fokus pembaruan perangkat lunak dalam beberapa tahun terakhir, dan sepertinya itu tidak akan berubah tahun ini.

Agaknya, fitur berorientasi kesehatan baru di iOS 16 juga akan dikaitkan dengan fitur kesehatan baru di watchOS 9. Di mana watchOS 9 juga akan menyertakan peningkatan besar untuk aktivitas dan pelacakan kesehatan tahun ini.

iOS 16 juga dikabarkan akan meletakkan dasar bagi banyak fitur AR dan VR sebelum peluncuran headset realitas campuran pertama Apple.

Untuk iPadOS, satu-satunya rumor sejauh ini adalah bahwa Apple sedang merencanakan antarmuka multi-tasking baru. Beberapa perubahan kecil untuk multitasking juga akan diluncurkan pada iPadOS 15.

Terakhir, tahun ini, rumor awal menunjukkan bahwa iOS 16 tidak akan hadir untuk iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE asli. Meski begitu, ini hanya rumor dan tidak jelas apakah itu terjadi.