Setelah Satu Dekade, Situs Wikipedia Akhirnya Dapat Penyegaran Tampilan
Ilustrasi Wikipedia (Photo by Luke Chesser on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak dioperasikan pada 20 tahun lalu, Wikipedia telah menjadi acuan beragam informasi di internet. Kini setelah satu dekade lamanya, situs Wikipedia akan mendapatkan perubahan tampilan yang lebih segar.

Pembaruan tampilan ini akan membuat user lebih mudah mengakses informasi dari Wikipedia. Tak hanya itu situs Wikipedia juga akan menambahkan sejumlah fitur baru dalam proses pencarian informasi. 

"Kami pikir inilah saatnya untuk mengambil beberapa dari ide-ide ini dan membawanya ke pengalaman default semua pengguna, di semua Wiki, dengan cara yang teratur dan konsisten," ungkap Wikipedia Foundation seperti dikutip dari The Verge, Kamis, 24 September.

Tak dipungkiri Wikipedia telah menjadi sumber informasi yang banyak diakses orang-orang di seluruh dunia selama hampir dua dekade. Situs ini kerap menjadi rujukan informasi bagi jutaan orang setiap harinya. 

Tampilan situs wikipedia yang akan diperbarui (dok. Wikimedia)

Selama dua dekade itu, situs tersebut telah berkembang dengan mencakup 53 juta artikel dalam 300 bahasa yang berbeda. Nantinya pembaruan Wikipedia akan meliputi peningkatan widget dan navigasi pencarian konten. 

"Selama beberapa tahun ke depan, tim web Readers meneliti dan membangun peningkatan pengalaman desktop berdasarkan penelitian dan alat yang ada," tulis Wikipedia dalam postingan terbarunya di mediawiki.org.

Wikimedia Foundation, perusahaan induk situs tersebut itu mengumumkan dalam posting blog resminya bahwa ditiap perubahan tidak akan berlangsung sekaligus. Tetapi akan dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu yang panjang.

Perubahan tampilan Wikipedia (dok. Wikimedia)

Di mana perusahaan berencana untuk merilis tampilan final dari situs Wikipedia pada akhir 2021. Meski begitu tak dijelaskan apakah pembaruan tampilan ini juga akan meliputi versi mobile dari Wikipedia atau tidak.

Untuk melihat bagaimana Wikipedia Foundation melakukan perubahan tampilan. Dalam situs itu, pengguna akan diberi arahan berupa GIF animasi untuk menunjukkan seperti apa tampilannya terbaru dari Wikipedia nanti, yang konon akan berisi ulasanya positif dan lebih nyaman digunakan.