Meta Ciptakan AI Pengecekan Fakta untuk Memverifikasi Kutipan di Wikipedia
Meta sedang mengembangkan AI pengecekan fakta di Wikipedia (foto: Wikipedia)

Bagikan:

JAKARTA - Sering kali kita harus lebih memperhatikan kejelasan fakta sebelum mengutip dari sumber Wikipedia. Karena seperti yang sudah banyak orang tahu, Wikipedia memungkinkan orang lain dapat mengedit tulisan tersebut. 

Untuk mengantisipasi adanya niat jahat dari orang yang mengedit, Meta sedang mengembangkan Artificial Intelligence (AI) pertama yang mampu memverifikasi ratusan ribu kutipan secara otomatis untuk membuat entri Wikipedia lebih akurat.

Sebelumnya, perlu dicatat bahwa Wikimedia dan Meta tidak bermitra dalam proyek ini. Proyek ini masih dalam tahap penelitian dan tidak digunakan untuk memperbarui konten apa pun di Wikipedia secara otomatis.

Melansir dari Tech FB, alat otomatis ini dapat membantu mengidentifikasi omong kosong atau kutipan yang kurang benar. Alat itu juga dapat menyarankan kutipan alternatif ketika menemukan bagian yang sumbernya buruk.

Basis data Meta's Sphere, yang terdiri dari lebih dari 134 juta halaman web akan bertindak sebagai indeks pengetahuan sistem. Akhirnya, tujuannya adalah untuk membangun platform uang yang bisa membantu editor Wikipedia secara sistematis menemukan masalah kutipan dan dengan cepat memperbaiki kutipan atau memperbaiki konten artikel terkait dalam skala besar.

"Ini adalah contoh hebat dari alat pembelajaran mesin yang dapat membantu menskalakan pekerjaan sukarelawan dengan merekomendasikan kutipan dan sumber yang akurat secara efisien," kata Shani Evenstein Sigalov, dosen dan peneliti di Universitas Tel Aviv, dan Wakil Ketua Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia.

Lebih lanjut, Sigalov menantikan peningkatan berkelanjutan di bidang ini, terutama karena alat pembelajaran mesin mampu memberikan kutipan yang lebih disesuaikan dan opsi multibahasa untuk melayani komunitas Wikimedia kami di lebih dari 300 bahasa.