Ini 7 Jenis Hasil Pencarian di Google yang Tidak Boleh Anda Percayai Begitu Saja
Jangan percaya semua hasil pencarian di Google. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Kini banyak orang bergantung pada Google untuk mencari fakta dan informasi tentang topik apa pun. Namun karena Google tidak memverifikasi setiap tautan, maka tidak bijak untuk selalu memercayai data yang diberikan mesin pencari ini kepada Anda.

Algoritme Google seperti PageRank menjadi lebih baik dalam menilai keahlian dan kepercayaan sebuah situs web. Namun informasi yang salah bisa menyelinap masuk, atau kita sebagai pembaca bisa melakukan kesalahan dalam menginterpretasikan hasil pencarian.

Beberapa topik membutuhkan keahlian khusus. Itulah mengapa selalu lebih baik melangkah dengan hati-hati saat menjelajahi ketujuh subjek sensitif ini.

  1. Informasi Medis

Kita tidak harus hidup dalam ketidakpastian saat kita sedang tidak enak badan. Google memungkinkan kami mendiagnosis gejala kita secara instan. Namun, ada alasan di balik tanda "Jangan percayai Google" di klinik dokter Anda.

Situs medis tidak memiliki akses ke catatan kesehatan Anda. Oleh karena itu, mereka akhirnya menyarankan semua kemungkinan penyebab dan perawatan untuk suatu gejala, tidak spesifik untuk kasus Anda.

Misalnya, meskipun demam secara teknis merupakan salah satu gejala kanker, bukan berarti Anda mengidapnya. Kemungkinan besar Anda hanya menderita flu biasa. Karenanya, Anda harus menjalani pemeriksaan yang tepat dan berkonsultasi dengan dokter sungguhan sebelum mencapai kesimpulan.

  1. Nasihat Keuangan

Menjaga keuangan Anda bisa menjadi proses yang rumit. Tetapi Google adalah tempat terakhir di mana Anda harus meminta nasihat.

Harta karun data Google, paling banter, adalah sumber tambahan untuk riset keuangan Anda. Di mesin pencari, Anda akan menemukan berbagai opini dan artikel yang mungkin menyesatkan atau mengaburkan penilaian Anda. Permintaan langsung pada investasi tertentu akan memunculkan segudang tautan, dan akan sulit untuk mengukur mana yang menawarkan panduan yang baik.

Karenanya, Anda harus tetap berpegang pada platform penelitian keuangan yang lebih kredibel dan bukan mesin pencari seperti Google untuk mendasari keputusan akhir Anda dan memahami tren pasar.

  1. Teori Konspirasi

Topik lain yang harus Anda hindari di Google adalah teori konspirasi. Argumen kontroversial cenderung mendorong sebagian besar lalu lintas online. Beberapa situs web mengeksploitasi ini dengan berbicara tentang teori yang akan menarik lebih banyak klik dan merangsang percakapan.

Google adalah rumah bagi kisah-kisah terliar di internet, yang sering berperingkat tinggi hanya karena populer. Bahkan untuk cerita rakyat yang absurd seperti Bigfoot, Anda akan menemukan cukup bukti untuk meyakinkan seseorang (atau hanya diri Anda sendiri). Itu hanya dalam beberapa halaman pertama–Anda bahkan tidak perlu pergi ke lubang kelinci.

Misalnya, mencari "penampakan Bigfoot" di Google akan dengan mudah mengarahkan Anda ke banyak kompilasi foto penampakan Bigfoot yang dianggap nyata.

  1. Berita Terkini

Informasi yang salah merajalela di web dan, seperti platform online lainnya, Google juga telah berjuang untuk mengatasi penyebaran berita palsu. Efek isu membesar selama acara berita terkini (breakingnews). Dalam skenario seperti itu, detailnya sedikit, yang menimbulkan hoax dan rumor.

Meskipun Google memiliki langkah-langkah keamanan untuk mengatasi informasi yang salah, mereka sering tidak langsung melakukannya. Pada saat Google mengambil berita palsu, ada kemungkinan besar itu telah dibaca oleh jutaan orang.

Jadi, saat Anda menjalankan Google tepat setelah ada peringatan berita terbaru, Anda berisiko mengalami pelaporan berbasis spekulasi. Alternatif yang lebih baik adalah menelusuri langsung situs dan sumber berita tertentu yang Anda percayai, bukan Google.

  1. Praktek Keagamaan

Google menawarkan banyak sekali sumber daya bagi orang-orang yang ingin mendapatkan informasi yang lebih religius. Namun, itu juga dalam pertempuran terus-menerus dengan bias dan diskriminasi rasial. Saat meneliti, Anda akan menemukan situs yang mendukung agama tertentu. Sulit untuk menilai kebenaran halaman web ini saat Anda baru mengenal topik ini.

Dalam bukunya berjudul "Algorithms of Oppression: How Search Engines Reinforce Racism", Safiya Umoja Noble berpendapat bahwa mesin pencari seperti Google bukanlah "portal informasi publik yang tepercaya dan kredibel" dan mengatakan mereka diskriminatif dan mendukung kelompok yang merancang atau mendanainya.

Karena algoritma Google dipengaruhi oleh apa yang dicari oleh sebagian besar penggunanya, minoritas dapat disalahartikan.

  1. Review dan Rekomendasi Produk

Sebagian besar dari kita mencari ulasan produk saat melakukan pembelian. Tetapi Anda tidak boleh mempercayai semua ulasan dan rekomendasi secara membabi buta.

Meskipun ada situs yang menerbitkan ulasan langsung yang tidak memihak, sejumlah besar situs web dijalankan oleh pemasar yang terafiliasi yang mencoba menjadi kaya dengan cepat. Mereka menerbitkan artikel tentang produk terburuk sekalipun, dan berharap mendapat komisi untuk setiap penjualan yang dilakukan melalui tautan mereka. Tetapi ini tidak berarti Anda tidak dapat mempercayai ulasan online.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara review produk yang jujur dan yang menyesatkan.

  • Jika ulasannya terbaca seperti sepotong isapan dan gagal menyebutkan kerugiannya, ambillah dengan sedikit garam.
  • Jika tidak ada gambar yang diambil sendiri dari produk sebenarnya, maka resensi mungkin belum menggunakan produk.
  • Detail penulis yang hilang menandakan bahwa Anda tidak boleh terlalu mengandalkannya.
  • Umumnya, situs yang tidak dapat dipercaya menyusun ulang deskripsi produk alih-alih memberikan pendapat mereka sendiri.
  1. Pertanyaan Terkait Bahan Kimia

Saat Anda berurusan dengan bahan kimia, bahkan kesalahan kecil pun bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, jika ada detail terkait bahan kimia yang tidak Anda yakini, beralih ke mesin telusur Google mungkin bukan cara terbaik untuk maju. Google dikenal menyimpan berbagai data yang kontradiktif, dan memutuskan mana yang harus dipercaya bisa menjadi suatu tantangan.

Seperti platform medis, situs kimia tidak memiliki akses ke keadaan dan sifat lingkungan Anda seperti suhu ruangan.

Ini juga berlaku untuk penggunaan bahan kimia dalam skenario di luar lab. Misalnya, perdebatan tentang apakah keberadaan klorin di kolam renang berdampak buruk bagi kesehatan Anda telah memecah belah warga internet selama berabad-abad.

Sebagai alternatif dari Google, Anda dapat melihat situs web resmi dewan dan asosiasi kimia.

Jangan Percayai Fakta Wikipedia 

Salah satu kesalahpahaman terbesar tentang internet adalah bahwa informasi di Wikipedia selalu diperiksa dan akurat. Itu jauh dari kebenaran. Sebagian besar konten Wikipedia bersumber dari banyak orang dan dapat diedit oleh siapa saja.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, situs tersebut tidak memiliki tim kurator manusia yang memeriksa fakta semuanya. Jadi, meskipun Wikipedia tidak berbahaya sejauh menyangkut fakta dasar, Anda harus memverifikasi apa yang Anda temukan di sana dengan situs pengecekan fakta lain yang lebih dapat diandalkan daripada Wikipedia. Demikian seperti dilaporkan oleh Makeuseof.