Bagikan:

JAKARTA – Alphabet Inc.,  induk perusahaan Google, mengumumkan bahwa mereka akan menyesuaikan hasil pencarian online untuk memberikan lebih banyak penonjolan pada situs perbandingan, sesuai dengan pernyataan dalam blog mereka pada Rabu, 17 Januari.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Google untuk mematuhi peraturan teknologi baru Uni Eropa (UE) yang dapat berdampak pada pendapatan beberapa perusahaan.

Menurut Digital Markets Act (DMA) Uni Eropa, yang harus diikuti oleh Google hingga 7 Maret, perusahaan ini diwajibkan untuk memperlakukan layanan dan produk pesaing dengan cara yang sama seperti yang mereka terapkan pada produk dan layanan mereka sendiri saat meranking hasil pencarian.

Google juga diharuskan memberikan akses kepada pengguna bisnis untuk mengakses data yang dihasilkan saat menggunakan platform Google.

"Kami akan memperkenalkan unit khusus yang mencakup sekelompok tautan ke situs perbandingan dari seluruh web, dan pintasan kueri di bagian atas halaman pencarian untuk membantu orang menyempurnakan pencarian mereka, termasuk dengan memfokuskan hasil hanya pada situs perbandingan," kata Google blogpost mereka.

"Untuk kategori seperti hotel, kami juga akan mulai menguji ruang khusus untuk situs perbandingan dan pemasok langsung untuk menunjukkan hasil individu yang lebih detail termasuk gambar, penilaian bintang, dan lainnya. Perubahan ini akan mengakibatkan penghapusan beberapa fitur dari halaman pencarian, seperti unit Google Flights," tambahnya.

Situs perbandingan pesaing telah menjadi kritikus paling vokal terhadap praktik pencarian Google, dengan keluhan pada dekade sebelumnya menghasilkan denda kartel UE sebesar 2,42 miliar euro (Rp41,1 triliun).

Beberapa perubahan dalam beberapa minggu ke depan akan memungkinkan pemilik ponsel Android dengan mudah beralih ke mesin pencari atau browser default alternatif dan pengguna layanan dan produk Google untuk memindahkan data mereka ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Pengguna Eropa akan melihat banner persetujuan tambahan untuk menanyakan apakah beberapa layanan Google dapat terus berbagi data untuk iklan yang ditargetkan.

Google memperingatkan bahwa beberapa bisnis dan pengguna mungkin tidak puas dengan proposal mereka, yang masih dapat mengalami perubahan sebelum 7 Maret. Meskipun mendukung banyak ambisi DMA seputar pilihan konsumen dan interoperabilitas, Google menyatakan keprihatinan bahwa beberapa aturan tersebut dapat mengurangi pilihan yang tersedia bagi masyarakat dan bisnis di Eropa.