Teknik Pencarian Google Agar Lebih Efektif, Bisa Hemat Waktu dan Energi!
Teknik pencarian Google (The Guardians)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat ini, barangkali sulit untuk mencari seseorang yang tidak kenal Google. Bahkan, ada pula beberapa dari kita yang menggunakan layanannya setiap hari. Tapi, apakah hasil yang Anda dapatkan dari mesin pencari Google sudah memuaskan?

Meskipun Google menawarkan beragam jenis informasi, seringkali apa yang ditampilkan tidak sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, Google pun senantiasa memberikan pembaruan teknologi dan algoritma pada layanan utamanya ini.

Hanya saja, agar Anda mendapatkan hasil yang sesuai, terdapat beberapa teknik pencarian Google yang bisa Anda lakukan. Sehingga, pencarian informasi pun bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Ingin tahu apa saja teknik tersebut? Simak uraian di bawah.

Tambahkan Parameter Pada Pencarian

Mesin pencari Google dibekali algoritma yang menjamin kecocokan dengan akurasi tinggi, antara kata kunci dengan hasil pencarian. Namun, untuk meningkatkan kecocokan, Anda bisa menyematkan parameter tambahan.

Penambahan parameter ini bisa dilakukan dalam bentuk kata tambahan di belakang kata pencarian utama. Atau, Anda juga bisa menambahkannya dalam bentuk kata yang berada di dalam tanda kutip.

Contohnya, Anda ingin mencari informasi seputar sepatu jogging. Bukan sepatu saja, yang bisa diartikan sebagai kata bersifat umum. Maka dari itu, cukup ketikkan ‘sepatu jogging’ pada kotak pencarian. Atau, juga bisa dengan mengetikan “sepatu ‘jogging’ ”.

Gunakan Opsi Pencarian Lanjutan

Pada mesin pencari Google, pengguna diberi kebebasan untuk mengatur hasil pencarian. Pengaturan ini terdapat pada menu Opsi Pencarian Lanjutan.

Untuk menggunakannya, klik ikon roda gigi yang terletak di pojok kanan atas pada halaman hasil pencarian. Kemudian, klik menu Pencarian Lanjutan.

Di dalamnya, Anda bisa menyesuaikan hasil pencarian: mulai dari jumlah hasil pencarian, lokasi Anda, serta Bahasa.

Rancang Kata Kunci yang Lebih Spesifik

Bagaimanapun, mesin pencari Google dijalankan oleh algoritma. Oleh karena itu, hasil pencarian Anda akan sangat bergantung pada susunan kata dan Bahasa. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai kebutuhan, sebisa mungkin ketikkan kata yang spesifik.

Misal, Anda ingin mencari informasi mengenai bendera negara tertentu. Baiknya, gunakan kata “Apa negara dengan bendera warna merah dan putih?”.

Jangan hanya mengetikkan “Apa bendera merah dan putih?”. Karena untuk yang kedua, mesin algoritma Google akan kesulitan untuk memahami.

Nah, itulah beberapa teknik pencarian Google agar hasil penelusuran Anda lebih efektif. Dengan melakukannya, Anda pun bisa memangkas lebih banyak waktu, bukan?