Google Sepakat Membayar Layanan Wikipedia untuk Konten yang Ditampilkan di Mesin Pencarinya
Google dan Internet Archive jadi pelanggan pertama Wikimedia Enterprise (foto: wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Wikimedia Foundation mengumumkan bahwa Google telah setuju membayar layanan Wikipedia untuk konten yang akan ditampilkan oleh mesin pencarinya. 

Selain itu, Wikimedia juga mengatakan, Google adalah pelanggan pertama yang membayar untuk usaha komersialnya Wikimedia Enterprise, yang diluncurkan tahun lalu. 

Wikimedia Enterprise yang baru-baru ini diluncurkan, merupakan produk dari Wikimedia Foundation, organisasi nirlaba yang mengoperasikan Wikipedia, sebagai produk pilihan.

Apabila  Anda mencari sesuatu di Google, Wikipedia adalah salah satu sumber yang sering digunakan raksasa teknologi ktu untuk mengisi informasi.

Google bisa dikatakan menjadi pelanggan utama dari Wikimedia Enterprise. Selain Google, ada juga Internet Archive yang juga menjadi pelanggan dari layanan tersebut. 

Meskipun tidak membayar kontennya seperti Google, Internet Archive yang menjalankan situs bernama Wayback Machine yang menyimpan snapshot situs web dan digunakan untuk memperbaiki tautan Wikipedia, akan ditawarkan layanan komersial secara gratis. 

"Wikimedia Enterprise dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan penggunaan kembali dan sumber konten, dan dua pelanggan pertama kami adalah contoh utama dari hal ini," kata Lane Becker, Direktur Senior Pendapatan yang diperoleh dari web Wikimedia Foundation.

Becker juga menuturkan, Google dan Internet Archive memanfaatkan konten Wikimedia dengan cara yang sangat berbeda. Baik untuk membantu memperkuat sebagian hasil panel pengetahuan atau mempertahankan kutipan di Wikipedia.