Microsoft Corp Hentikan Penjualan Teknologi Pengenalan Wajah yang Bisa Menebak Emosi Seseorang
Teknologi pengenalan wajah dianggaplanggar privasi. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft Corp, mengumumkan pada Selasa, 21 Juni bahwa mereka akan berhenti menjual teknologi yang menebak emosi seseorang berdasarkan gambar wajah dan tidak akan lagi memberikan akses tanpa batas ke teknologi pengenalan wajah.

Tindakan tersebut mencerminkan upaya penyedia cloud terkemuka ini untuk mengendalikan teknologi sensitif mereka sendiri karena anggota parlemen di Amerika Serikat dan Eropa terus mempertimbangkan batasan hukum yang komprehensif.

Setidaknya sejak tahun lalu, Microsoft telah meninjau apakah sistem pengenalan emosi berakar pada sains.

"Upaya ini menimbulkan pertanyaan penting tentang privasi, kurangnya konsensus tentang definisi 'emosi,' dan ketidakmampuan untuk menggeneralisasi hubungan antara ekspresi wajah dan keadaan emosional di seluruh kasus penggunaan, wilayah, dan demografi," kata Sarah Bird, manajer produk grup utama di unit Azure AI Microsoft, dalam sebuah posting blog.

Pelanggan yang ada akan memiliki satu tahun sebelum kehilangan akses ke alat kecerdasan buatan yang dimaksudkan untuk menyimpulkan emosi, jenis kelamin, usia, senyum, rambut wajah, rambut, dan riasan.

Google Cloud Alphabet Inc  tahun lalu juga memulai evaluasi serupa, seperti yang pertama kali dilaporkan oleh Reuters.  Google telah memblokir 13 emosi yang direncanakan dari alatnya untuk membaca emosi dan menempatkan empat yang sudah ada untuk ditinjau ulang, seperti suka dan duka.

Teknologi itu membebani sistem baru yang akan menggambarkan gerakan seperti cemberut dan tersenyum, tanpa berusaha mengaitkannya dengan emosi. Google tidak segera berkomentar tentang hal itu saat diminta konfirmasnya.

Microsoft juga mengatakan pelanggan sekarang harus mendapatkan persetujuan untuk menggunakan layanan pengenalan wajah, yang memungkinkan orang untuk masuk ke situs web atau membuka pintu yang terkunci melalui pemindaian wajah.

Perusahaan meminta klien untuk menghindari situasi yang melanggar privasi atau di mana teknologi mungkin kesulitan, seperti mengidentifikasi anak di bawah umur, tetapi tidak secara eksplisit melarang penggunaan tersebut.