Telepon Pintar MiiTel Kini Mampu Mengidentifikasi Emosi Manusia dengan AI
Fitur pengenalan emosi MiiTel (foto: MiiTel)

Bagikan:

JAKARTA - RevComm mengumunkan bahwa mereka meluncurkan fitur baru yang memungkinkan telepon pintar berbasis AI nya, MiiTel, untuk dapat mengidentifikasi emosi seseorang saat sedang melakukan panggilan telepon atau online meeting

Speech emotion recognition atau pengenalan emosi suara adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengenali dan memvisualisasikan tingkat emosi positif maupun negatif dalam percakapan secara online. 

Dengan menggabungkan kecerdasan buatan (AI) dan kemampuan pengenalan emosi suara, fitur baru MiiTel ini diklaim akan memudahkan pengguna untuk memonitor dan mengevaluasi kualitas percakapan yang dilakukan.

Selain untuk telepon pintarnya, fitur pengenalan emosi suara ini juga tersedia untuk MiiTel Meetings, sebuah alat analisis online meeting berbasis AI yang dapat mendukung komunikasi bisnis dalam platform Zoom, Microsoft Teams, dan Google Meet.

Perusahaan mengatakan, cara kerja fitur speech emotion recognition di MiiTel ini akan memanfaatkan warna. Warna hijau yang semakin gelap menunjukkan tingkat emosi bahagia yang lebih tinggi.

Kemudian, warna oranye yang semakin gelap mengindikasikan tingkat emosi negatif yang lebih tinggi. Sedangkan warna abu-abu merepresentasikan tingkat emosi netral. 

Menariknya lagi, fitur ini tidak hanya bisa dilihat oleh pengguna MiiTel saja, tetapi juga dari perspektif pelanggan sehingga kedua pihak bisa memantau kualitas panggilan yang mereka lakukan. 

Sebelumnya, MiiTel juga telah mengumumkan dukungan ChatGPT di telepon pintarnya. Fitur ini mendukung pembuatan ringkasan percakapan telepon secara otomatis dengan ChatGPT.