YouTube Rombak Seluruh Tampilan Platformnya, Hadirkan Juga Fitur Pinch-to-Zoom
Yotube buat sejumlah pembaruan di tampilannya. (foto: dok. youtube)

Bagikan:

JAKARTA - Perubahan antarmuka YouTube meluncur hari ini, tampilan baru mencakup opsi pencarian presisi, mode ambient, tombol baru, mode gelap dan fitur yang paling ditunggu pinch-to-zoom.

Dengan hadirnya opsi pencarian baru, pengguna dapat dengan mudah menemukan bagian yang tepat dalam sebuah video yang ingin mereka tonton. Fitur ini tersedia untuk pengguna desktop dan seluler, mereka dapat menggeser ke atas pada video untuk melihat deretan gambar mini.

Hadir juga efek warna baru disebut mode ambient, yang menggunakan pengambilan sampel warna dinamis untuk mencocokkan warna latar belakang aplikasi dengan warna dalam video yang ditonton pengguna.

"Untuk pemahaman kami, efek baru sangat halus dan terutama untuk alasan estetika. Tujuannya adalah untuk menarik pemirsa ke dalam konten dan menempatkan fokus yang lebih besar pada halaman tontonan kami,” Direktur UX YouTube, Nate Koechley.

Lebih lanjut, mode standby juga akan tersedia di playlist video. Pengguna akan melihat mode standby di halaman tontonan web dan seluler saat mode gelap diaktifkan. Setelahnya, mode gelap akan segera terlihat lebih gelap di web, seluler, dan Smart TV.

Melansir TechCrunch, 25 Oktober, perubahan visual lainnya adalah tombol baru di bawah video. Tautan YouTube dalam deskripsi video sekarang menjadi tombol agar lebih nyaman dilihat. Tombol suka, bagikan, dan unduh juga akan diubah dengan ukurannya lebih kecil.

Begitu pun tombol berlangganan alias subscribe sekarang akan muncul sebagai tombol berbentuk pil hitam-putih dengan tulisan "subscribe", bukan berwarna merah terang.

Terakhir adalah fitur yang paling ditunggu-tunggu, pinch-to-zoom baru. Fitur ini dapat digunakan pengguna di perangkat iOS dan Android untuk memperbesar video sehingga mereka bisa melihat detail lebih lanjut.

Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia sebagai uji coba bagi pelanggan Premium pada Agustus lalu, dan sekarang akan tersedia untuk semua orang.