Zoom Akhirnya Punya Fitur Enkripsi <i>End-to-End</i>
Aplikasi Zoom (pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Zoom akhirnya mengabulkan permintaan pelanggan dengan menghadirkan fitur keamanan enkripsi end-to-end. Fitur ini tentu saja memberi pengguna opsi yang lebih aman pada saat dibutuhkan.

Mengutip ZDNet, Kamis 15 Oktober, fitur ini berfungsi untuk mengenkripsi panggilan suara atau video antara pengguna dan peserta konferensi lainnya. Sebelumnya, Zoom telah mengumumkan akan menghadirkan fitur tersebut pada Mei lalu, tetapi perlu waktu yang cukup panjang untuk menyempurnakannya. Pengguna dapat menggunakannya secara gratis.

Enkripsi end-to-end, lebih sering disebut sebagai 'E2EE,' adalah teknologi keamanan yang mengenkripsi komunikasi antara dua pihak atau lebih, memastikan hanya pengirim dan penerima yang dapat melihat konten di layar saat melakukan video konferensi.

Dengan teknologi yang digunakan, individu atau grup pihak ketiga tidak akan bisa melihat konten. Diketahui, tingkat keamanan ini menjadikan E2EE penting dalam dunia bisnis dan bagi siapa saja yang menggunakan data sensitif.

Di sisi lain, masyarakat kini juga semakin beralih ke teknologi sebagai cara untuk menjaga kerahasiaan dokumen, foto, dan pesan mereka jika ada potensi kebocoran atau pengintaian individu.

Sebagai informasi, fitur enkripsi end-to-end ini akan tersedia sebagai pratinjau teknis untuk 30 hari pertama. Baik pengguna Zoom gratis maupun berbayar akan mendapatkan akses ke fitur tersebut. Zoom mengatakan, fitur ini juga dapat menampung panggilan hingga 200 peserta.

tampilan Zoom enkripsi (dok. Zoom)

Lalu bagaimana cara mengaktifkannya? Sebagai permulaan, pengguna memerlukan akun Zoom untuk mengaktifkan enkripsi. Selanjutnya, fitur tersebut tidak akan berfungsi jika tidak juga diaktifkan oleh penyelenggara konferensi, ia harus mengaktifkan E2EE pada Settings, dan pilih opsi E2EE.

Setelah penyelenggara mengaktifkannya, peserta yang ikut video konferensi, juga diwajibkan untuk mengaktifkan E2EE, jika tidak pengguna tak akan bisa bergabung. Perlu dicatat pengguna tidak dapat melakukan panggilan ke rapat terenkripsi end-to-end melalui telepon.

Nantinya, Zoom akan memberi tahu pengguna bahwa panggilan dienkripsi secara ujung-ke-ujung sudah aktif dengan menampilkan ikon hijau yang berisi kunci di sudut kiri atas panggilan.