Aplikasi Truth Social Milik Trump Berhasil Rayu Google, Kini Bisa Diunduh di Play Store!
Aplikasi media sosial Truth Social terpampang di Play Store. (foto: dok. truth social)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi media sosial milik mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump berhasil mendapatkan persetujuan dari Google, dan kini Truth Social terpampang di Play Store.

Sebelumnya, Google menolak untuk mendistribusikan apikasi tersebut, lantaran khawatir tentang moderasi konten yang tidak memadai laiknya media sosial.

Menurut raksasa mesin pencarian itu, Truth Social menjadi tuan rumah ancaman kekerasan dan konten lain yang bertentangan dengan standar Google.

Semua aplikasi di Google Play Store selama ini harus memiliki moderasi konten buatan pengguna yang efektif, termasuk pengguna yang dapat melaporkan konten dan kemampuan untuk menghapus atau memblokir pengguna yang menyalahgunakan serta melanggar kebijakan aplikasi.

"Aplikasi dapat didistribusikan di Google Play asalkan mematuhi pedoman pengembang kami, termasuk persyaratan untuk memoderasi konten buatan pengguna secara efektif dan menghapus posting yang tidak menyenangkan seperti yang menghasut kekerasan," ungkap juru bicara Google dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Bloomberg, Kamis, 13 Oktober.

Namun sekarang dikatakan Google, Truth Social telah setuju untuk menegakkan kebijakannya, termasuk menghapus konten apa pun yang memicu kekerasan.

"Senang bekerja dengan Google, dan kami senang mereka membantu kami untuk akhirnya membawa Truth Social ke semua orang Amerika, terlepas dari perangkat apa yang mereka gunakan," kata CEO TMTG, Devin Nunes.

CNET melaporkan, Truth Social sudah tersedia lebih dahulu di Samsung Galaxy Store minggu lalu, sementara pengguna juga dapat mengunduhnya dari situs web Truth Social. Bahkan, aplikasi ini juga sudah bisa diunduh di App Store Apple sejak Februari lalu.