Cara Menentukan Arah Kiblat dengan Handphone Android Maupun iOS Secara Akurat
Ilustrasi ka'bah (foto: dok. Unsplash )

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi umat Islam, tahu bagaimana cara menentukan arah kiblat dengan HP sangat penting untuk diketahui. Dengan mengetahui cara mencari arah kiblat, Anda bisa melakukan ibadah dengan tepat. Lalu bagaimana cara melihat arah kiblat lewat smartphone?

Cara Menentukan Arah Kiblat dengan HP

Untuk menentukan arah kiblat dengan ponsel, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut.

1. Dengan Kompas Virtual

Beberapa smartphone, baik android atau iOS, telah dilengkapi dengan aplikasi kompas yang berguna untuk mencari arah mata angin. Dengan kompas Anda bisa mencari penunjuk arah dengan tepat.

Untuk pengguna HP, cara mengetahui arah kiblat dengan mudah bisa dilakukan dengan kompas yang bisa diunduh melalui playstore atau appstore. Caranya juga mudah, Anda tinggal membuka aplikasi kompas.

Biasanya Anda diminta untuk melakukan kalibrasi lebih dulu. Setelah terkalibrasi, Anda tinggal meletakkan ponsel di tempat yang rata.

2. Melalui Browser

Anda juga bisa mencari arah kiblat dengan menggunakan browser. Biasanya langkah ini dilakukan jika Anda sedang terdesak dan tidak memiliki aplikasi kompas. Cara mencari arah kiblat dengan browser juga cukup mudah dan sederhana yakni dengan Qibla Finder.

Cara mencari arah kiblat adalah dengan membuka situs Qibla Finder di qiblafinder.withgoogle.com. Setelah itu berikan izin akses GPS dan kamera untuk mencari arah kiblat. Tunggu sesaat dan Anda akan menemukan arah kiblat yang sesuai.

3. Google Maps

Setiap ponsel android memiliki aplikasi Google Maps yang bisa dimanfaatkan untuk mencari arah kiblat. Cara yang dilakukan juga sangat mudah yakni sebagai berikut.

  1. Masuk ke aplikasi Google Maps lewat ponsel;
  2. Anda harus mengubah tampilan peta di Gmaps menjadi mode Satelit. Caranya adalah klik kotak bertuliskan satelit di bagian kiri bawah.
  3. Setelah itu ketik “Ka'bah, Mekkah Arab Saudi” di bagian Telusuri;
  4. Klik “Enter”.
  5. Pilih bagian kanan persis tepat di Ka'bah lalu pilih opsi “Ukur Jarak”;
  6. Setelah itu sesuaikan dengan posisi Anda agar sinkron dengan Ka’bah. Caranya adalah dengan memilih ikon lokasi, namun pastikan Anda sudah berada di tempat yang diinginkan;
  7. Setelah itu klik di bagian kiri di titik yang akan ditentukan arah kiblat. Nanti akan mencul garis penunjuk kiblat yang sudah disesuaikan dengan arah kiblat.

4. Aplikasi Pencari Arah Ka’bah

Selain dengan tiga perangkat di atas, Anda bisa mengunduh aplikasi yang menyediakan fitur pencari arah kiblat. Aplikasi semacam ini banyak tersedia di Appstore atau Playstore. Beberapa aplikasi yang bisa Anda pakai adalah sebagai berikut.

  • Qibla Connect Find Direction

Aplikasi ini akan membantu Anda mencari arah kiblat di manapun Anda berada. Caranya juga sangat mudah yakni dengan membuka aplikasi lalu klik opsi "Qibla". Aplikasi akan menyuguhkan kompas virtual dengan jarum yang otomatis mengarah ke kabah.

  • Kompas Kiblat

Seperti aplikasi sebelumnya, Kompas Kiblat juga memiliki fitur yang sama yakni membantu menentukan arah kiblat. Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah karena sudah tersedia secara lengkap. Selain itu aplikasi ini punya fitur lain seperti Al Quran, kumpulan doa umat Islam, hingga jadwal shalat.

Itulah informasi terkait cara menentukan arah kiblat dengan HP. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.

Terkait