Lima Aplikasi yang Bisa Optimalkan Ibadahmu di Bulan Ramadan
Ilustrasi foto (Rumman Amin/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak yang dibutuhkan saat menjalani puasa atau ibadah lainnya di bulan Ramadan, termasuk aplikasi guna mengingat ibadah lima waktu, berbuka puasa dan lainnya. Berbagai aplikasi pun muncul di saat bulan yang suci ini tiba.

Tentu saja Anda bisa menemukan aplikasi ini dan mengunduhnya di Play Store maupun App Store. Aplikasi bertemakan Islam ini makin banyak diunduh ketika bulan Ramadan tiba. Adapun fungsinya, untuk mengingatkan pengguna jika waktu salat tiba, berbuka puasa, imsak, dan pengingat lainnya.

Berikut lima aplikasi yang dapat membantu memperlancar ibadah Anda di bulan Ramadan:

1. Muslim Pro

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui waktu salat yang akurat sesuai dengan lokasi tempat ia berada. Waktu salat pun dapat diakses dari tab Today View. 

Muslim Pro juga memiliki fitur bacaan audio Quran, terjemahan ayat, dan banyak lagi. Ada juga tajwid yang akan meningkatkan pengucapan saat membaca Quran dan kompas kiblat yang akan memberitahu Anda arah akurat dari Kiblat serta Mekah.

Aplikasi ini juga mendapat peringkat yang cukup tinggi. Jadi, bisa dipercaya soal keakuratan berbagai fiturnya.

2. Qibla Compass

Aplikasi Qibla Compass sangat cocok untuk Anda yang gemar melancong selama bulan Ramadan. Aplikasi ini bisa membantu untuk mendeteksi kiblat salat, waktu salat, konverter tanggal, dan kalender hijriah.

Qibla juga memiliki Alquran dan alarm yang memberitahu pengguna untuk salat lima waktu. Aplikasi ini bisa diunduh untuk pengguna perangkat iOS dan Android.

3. MyQuran Al Quran dan Terjemahan

Jika Anda sedang berpergian dan tidak membawa Alquran fisik, tenang Anda bisa mengunduh MyQuran Al Quran dan Terjemahan yang dapat membantu Anda mengakses Alquran digital dengan mudah.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio mp3 murotal, 30 Juz 114 Surah yang dapat dibaca offline tanpa jaringan internet, berbagai macam tema warna dengan tampilan UI/UX yang menarik, dan tentu saja tanpa iklan bergulir.

4. Healthy Ramadan

Karena bulan Ramadan adalah saatnya kita menjalani ibadah puasa selama 13 jam, yang terkenal mengakhirinya dengan berbuka puasa melahap makanan lezat, manis, dan berminyak, maka diperlukan untuk mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Aplikasi Health Ramadan akan membantu Anda dengan mengontrol diet pada apa yang Anda harus atau tidak harus dimakan dan akan muncul juga pengingat pada saat Anda harus makan maupun berolahraga.

5. Prayer Times with Qibla

Di saat bulan Ramadan tiba, tidak sedikit orang yang membutuhkan aplikasi pengingat salat guna membantu menjalankan ibadah dengan baik. Aplikasi yang satu ini menghadirkan informasi jadwal salat berdasarkan wilayah atau kota. Pengguna juga bisa memilih notifikasi penanda waktu salat, menggunakan suara azan atau notifikasi standar. Selain itu, aplikasi juga didukung fitur kompas untuk penunjuk arah kiblat yang akurat.