Cara Menentukan Arah Kiblat untuk Salat dengan Google Maps
Google Maps (Search Engine Journal)

Bagikan:

JAKARTA - Salat merupakan ibadah wajib bagi umat muslim, apalagi di bulan suci Ramadan. Umumnya, beribadah dilakukan di masjid dan musala yang sudah sesuai dengan petunjuk arah kiblat.

Namun bagaimana ketika Kalian sedang ingin beribadah di suatu tempat yang tidak diketahui arah kiblat-nya? Berikut tim VOI, sudah menyiapkan cara untuk menentukan arah kiblat lewat aplikasi Google Map.

Arah Ka'bah pada Google Maps (Dok.Istimewa/VOI)

Cara Mengetahui Arah Kiblat

Beruntung, teknologi kini makin memudahkan berbagai kebutuhan manusia. Tak terkecuali kebutuhan untuk beribadah.

Jadi sekalipun, Kalian merupakan pekerja yang menuntut mobilitas tinggi –misal sebagai sales door-to-door, pengemudi ojek online, reporter, dan masih banyak lagi. Jangan sampai akibat berada di lapangan membuat Anda lengah untuk beribadah.

Oleh karena itu, Anda wajib tahu bagaimana menentukan arah kiblat dengan Google Maps. Sehingga, Anda tak perlu takut kehabisan waktu dengan alasan tidak menemukan masjid atau mushala.

Begini cara menentukan kiblat untuk salat dengan tepat dan akurat. Langsung uji coba aja, ya.

  1. Sebelumnya, aktifkan GPS atau Lokasi pada ponsel Anda. Caranya mudah, usap layar pada tampilan awal, kemudian cari ikon Lokasi yang tertera pada menu pintasan. Ketuk menu tersebut untuk mengaktifkannya.
  2. Jika Anda baru pertama kali mengaktifkan GPS pada perangkat, maka Anda perlu mengkalibrasikan GPS agar hasil lebih akurat. Caranya dengan mengetuk menu ‘Tingkatkan Akurasi Lokasi’. Kemudian, geser toogle agar fitur tersebut aktif
  3. Selanjutnya, buka aplikasi Google Maps pada ponsel. Kalo belum punya, Anda bisa mengunduhnya terlebih dulu lewat Play Store. Klik di sini agar Anda bisa langsung dialihkan menuju halaman pengunduhan aplikasi Maps.
  4. Begitu aplikasi sudah terbuka, ketikkan Ka’bah pada kotak pencarian. Selanjutnya layar akan menampilkan hasil lokasi Ka’bah.
  5. Zoom out hingga Anda bisa poin dari lokasi Anda dan Ka’bah bisa muat dalam satu layar.
  6. Arahkan bagian atas dari ponsel hingga poin di layar menghadap Ka’bah.