Cara Menggunakan Fitur Transkrip YouTube untuk Video Berbahasa Indonesia
Cara Menggunakan Fitur Transkrip YouTube(Edgy)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi video streaming paling populer saat ini, yakni YouTube memiliki fitur transkrip yang dapat digunakan untuk menyalin audio video YouTube menjadi teks.

Tidak hanya menyajikan transkrip audio di video YouTube ke dalam teks, fitur tersebut juga menampilkan waktu di dalam video saat teks tersebut diucapkan sehingga dapat memudahkan pengguna.

Saat ini, YouTube sendiri menjadi paltform yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet untuk mencari hiburan. Pasalnya ada beragam video menarik yang dapat dinikmati sesuai dengan hobi dan keinginan pengguna.

Selain itu, tidak jarang YouTube juga digunakan untuk kebutuhan pekerjaan atau penelitian. Hal itu pun membutuhkan transkrip audio yang ada di dalam video YouTube.

Jika sebelumnya, pengguna harus melakukan transkrip manual dengan cara mendengarkan video tersebut dan menulikannya di dokumen seperti Microsoft Word, saat ini pengguna dapat menggunakan fitur transkrip audio video YouTube.

Cara mengaktifkan fitur transkrip audio di video YouTube pun sangat mudah. Pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dirangkum oleh tim VOI di bawah ini.

Fitur Transkrip Audio Video YouTube

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur transkrip di YouTube adalah membuka peramban di perangkat Anda seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Setelah itu, buka situs YouTube dan cari video yang ingin Anda tonton dan tampilkan transkripnya. Setelah video diputar, pengguna dapat memilih ikon titik tiga yang berada di menu bagian bawah video. Pilih menu "Open Transcript".

Setelah memilih menu tersebut, maka secara otomatis teks dari video tersebut akan muncul. Pengguna pun dapat langsung menyalin teks yang tersedia dan memindahkannya ke dokumen seperti Microsoft Word.

Untuk menyalin isi teks, pengguna hanya perlu blok pada kalimat atau teks yang tersedia. Kemudian klik "Copy" atau tekan "CTRL+C" pada keyboard komputer atau laptop, dan salin teks tersebut di Microsoft Word.

Sayangnya, setiap kalimat dari transkrip video YouTube ditampilkan secara terpisah. Oleh karenanya, pengguna harus menyalin satu persatu kalimat yang ditranskri secara manual dan tidak dapat menyalin seluruh teks secara langsung.

Meskipun begitu, fitur transkrip teks di YouTube akan mempermudah Anda dalam menyalin audio video YouTube ke dalam teks. Pengguna pun dapat menggunakan teks yang sudah disalin sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai catatan, fitur transkrip audio video YouTube saat ini baru dapat digunakan melalui perangkat komputer atau laptop, sementara untuk pengguna Android belum dapat menggunakannya.

Demikian adalah cara menggunakan fitur transkrip video yang ada di YouTube untuk mempermudah pengguna menyalin audio YouTube menjadi teks.