Baterai Ponsel Anda Cepat Habis? Lakukan Cara Ini Agar Bisa Digunakan Lebih Lama
Cara agar baterai HP awet (RDCom)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baterai ponsel merupakan elemen paling penting untuk mengoperasikan ponsel. Pasalnya, baterai merupakan sumber energi utama di ponsel yang berfungsi untuk menoperasikan perangkat lunak yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, akan sangat menjengkelkan apabila baterai ponsel Anda cepat habis. Padahal, Anda sudah melakukan pengisian daya secara teratur supaya dapat digunakan setiap saat.

Salah satu penyebab baterai ponsel Anda bisa jadi karena aplikasi yang digunakan pada ponsel Anda terlalu banyak. Oleh karena itu, pengguna dapat menguninstall aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting di dalam perangkat Anda.

Selain mengurangi aplikasi yang dipasang pada perangkat, pengguna juga dapat melakukan sejumlah cara lain. Di bawah ini tim VOI telah merangkum apa saja cara yang dapat digunakan untuk membuat baterai ponsel Anda lebih tahan lama.

Aktifkan Pengaturan Baterai

Cara pertama dan yang paling mudah untuk dilakukan supaya baterai ponsel lebih tahan lama saat digunakan adalah mengaktifkan fitur pengaturan baterai yang ada di ponsel Anda.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat mengetahui besaran daya yang terpakai. Anda juga dapat menyortir jenis pemberitahuan yang penting supaya tidak menguras penggunaan daya.

Kurangi Aplikasi

Seperti dijelaskan sebelumnya, banyaknya aplikasi yang diinstall pada ponsel Anda dapat mempengaruhi pemakaian daya yang digunakan. Oleh karena itu, mengurangi aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai dapat membantu untuk menghemat masa pakai baterai ponsel.

Sesuaikan Pengaturan Tampilan

Cara selanjutnya untuk membuat baterai ponsel Anda lebih awet adalah menyesuaikan tampilan pada ponsel. Anda dapat mengatur pencahayaan yang digunakan oleh layar smartphone Anda.

Pada jenis ponsel tertentu, terdapat fitur yang dapat mengatur pencahayaan secara otomatis sesuai dengan kebutuhan di lokasi sekitarnya. Apabila Anda berada dalam lokasi yang terang dan membutuhkan kecerahan yang lebih, smartphone akan secara otomatis menambah pencahayaan di layar ponsel.

Sementara itu, jika Anda berada di lokasi yang gelar, maka ponsel tersebut secara otomatis akan mengurangi kecerahan layar yang otomatis juga mengurangi penggunaan daya baterai Anda.

Nonaktif GPS, WiFi dan Bluetooth

Fitur-fitur seperti GPS, WiFi, dan Bluetooth dapat menjadi sebab baterai Anda cepat habis. Oleh karena itu, pengguna dapat menonaktifkannya saat tidak sedang digunakan.

Namun, untuk fitur GPS biasanya sering diaktifkan secara otomatis ketika pengguna membuka aplikasi online seperti e-Commerce, atau layanan ojek online yang memerlukkan lokasi pengguna.

Hal itu pun membuat pengguna sering lupa untuk mematikannya. Oleh karena itu, Anda harus sering mengecek apakah GPS di ponsel Anda sedang aktif atau tidak.

Aktifkan Mode Hemat Daya

Cara yang terakhir dan yang paling mudah adalah mengaktifkan fitur Mode Hemat Daya. Dengan fitur tersebut, ponsel akan secara otomatis menonaktifkan penggunaan daya aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan oleh ponsel Anda.

Untuk mengaktifkannya, pengguna dapat masuk ke menu "Pengaturan", kemudian pilih ikon "Baterai" dan klik menu "Power Saving Mode".

Itu tadi 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat baterai ponsel Anda lebih awet supaya dapat lebih lama digunakan.