Game NFT StepN Bakal Terintegrasi dengan Apple Pay
Game blockchain StepN bakal terintegrasi dengan Apple Pay. (Foto; Dok. StepN)

Bagikan:

JAKARTA – StepN, platform game NFT dilaporkan bakal segera terintegrasi dengan platform pembayaran Apple, yaitu Apple Pay. Dengan begitu, pengguna gim dapat melakukan pembelian sneaker NFT di aplikasi StepN dapat menggunakan Apple Pay seiring integrasi tersebut diimplementasikan.

Informasi tersebut diumumkan oleh NFT Now pada 22 Mei kemarin. Sebagaimana diketahui, StepN adalah gim berjenis move-to-earn yang memungkinkan penggunanya mendapatkan imbalan berupa kripto dengan melakukan aktivitas olah raga seperti berlari maupun berjalan.

Informasi saja, StepN diluncurkan pertama kali pada Desember 2020. Pertama kali tersedia di toko aplikasi App Store. StepN menawarkan perdagangan sepatu virtual untuk para penggunanya. Dengan membeli sepatu virtual, pemain dapat menghasilkan pendapatan dalam bentuk koin GMT yang dapat ditransfer atau dijual di pasar kripto.

Kemudian pada Mei 2022, StepN berhasil mendapatkan popularitasnya dengan peningkatan jumlah pengguna aktif bulanan mencapai lebih dari 705.000 pemain, menurut data Dune Analytics. Itu adalah jumlah tertinggi pengguna aplikasi StepN. Sayangnya, pada tahun 2023 pengguna StepN menyusut menjadi kurang dari 30.000 pemain gim blockchain tersebut.

Meskipun penggunanya menurut drastis karena terdampak penurunan pasar kripto dan faktor lainnya, tampaknya StepN tidak berhenti melakukan pengembangan dan inovasi dalam platformnya. Hal itu terbukti dengan kemitraan terbaru StepN dengan Apple Pay. Ini merupakan langkah maju StepN dalam menjadi pemimpin gim move-to-earn terdepan.

Terintegrasinya Apple Pay dalam StepN diharapkan dapat membuat transaksi dan akses dalam aplikasi menjadi lebih mudah guna melanjutkan pertumbuhan pengguna gim mereka. Dengan Apple Pay, pengguna tidak perlu repot-repot menghubungkan dompet kripto mereka ke aplikasi StepN untuk melakukan transaksi.

"Integrasi ini membuka peluang baru bagi kami, menjadikan Web3 lebih mudah diakses oleh masyarakat luas, dan yang paling penting, menjembatani teknologi web2 dan Web3 dengan cara yang sebelumnya belum terlihat," kata Yawn Rong, salah satu pendiri StepN.

Co-founder StepN yang lain, Jerry Huang menyoroti hal yang sama. Menurutnya, integrasi Apple Pay dengan StepN berpeluang meningkatkan kemudahan akses pengguna. Huang juga ingin “memastikan bahwa ruang Web3 mencapai tingkat kematangan yang diperlukan untuk menjadi mainstream.”

Pengumuman kemitraan dengan Apple Pay ini datang setelah peluncuran New Horizon Initiative StepN, sebuah program imbalan untuk komunitas StepN. Dengan program tersebut, pemegang sepatu virtual paling langka, StepN Genesis Sneakers akan mendapatkan airdrop senilai 80 juta koin GMT pada Februari lalu.