Apa itu STEPN (GMT)? Token <i>Move-to-Earn</i> Pertama di Dunia, Cuma Melangkah Bisa Langsung Cuan Kripto!
Mengenal STEPN GMT, aplikasi P2E yang bikin sehat dan bisa hasilkan kripto. (STEPN)

Bagikan:

JAKARTA – Sejumlah token kripto berhasil mencuri perhatian para investor, salah satunya adalah STEPN (GMT). Meski begitu, masih banyak pengguna kripto yang belum mengenal apa itu STEPN, token yang mengusung “Move-to-Earn” (M2E) atau bergerak untuk menghasilkan kripto.

Ketika pengembang game P2E lain mendorong penggunanya untuk duduk dan bermain gim online, STEPN hadir dengan alternatif baru dan segar yang memberdayakan penggunanya untuk mendapatkan kesehatan dan kebugaran. Dalam aplikasi STEPN, pengguna yang sudah membeli NFT sneaker bisa mendapatkan reward dalam setiap langkah yang mereka lakukan.

Dilansir dari CoinCu, STEPN adalah game NFT mobile move2earn pertama yang didukung oleh Solana di mana pemain dapat berjalan, jogging, atau berlari di luar ruangan dengan NFT Sneaker untuk mendapatkan token. STEPN bertujuan untuk menginspirasi jutaan orang untuk terlibat dalam gaya hidup yang lebih sehat dengan membawa mereka ke dunia Web 3.0 sambil berkontribusi positif terhadap netralitas karbon.

Make your steps count_01

Tapi sebelum meggunakan aplikasi STEPN, pengguna harus terlebih dahulu menyetorkan token Solana (SOL) ke aplikasi STEPN. Lebih lanjut, pengguna bisa membeli NFT sneaker di marketplace dalam aplikasi. Selain itu pengguna juga harus menunggu pengisian “energi” selama 24 jam.

Sebagai informasi, “energi” dalam aplikasi STEPN adalah jatah waktu yang bisa didapat pengguna untuk berolahraga dengan menggunakan sepatu sneaker digital. Jika energi sudah terkumpul, pengguna bisa berjalan, berlari, atau pun jogging untuk menghasilkan mata uang kripto.

Ini merupakan gerakan baru yang dilakukan oleh tim STEPN. Dengan STEPN mereka mengusung gaya hidup sehat bagi para pengguna digital.  STEPN digadang-gadang menggunakan elemen sosial dan komunitas untuk merevolusi cara kerja teknologi blockchain yang digunakan untuk mendapat penghasilan dalam bentuk kripto.

“Ketika kami memutuskan untuk membuat suatu produk, kami berpikir bahwa berlari dan berjalan pada dasarnya adalah sesuatu yang hampir semua orang dapat lakukan. Jika kita dapat mengubah ini menjadi gerakan untuk menghasilkan atau menyewa untuk mendapatkan, maka kita dapat menjangkau semua orang secara efektif,” ujar pihak STEPN.

Dibangun di Jaringan Solana

STEPN merupakan proyek Move-to-Earn pertama di dunia yang dibangun di atas jaringan Solana. Pengembang STEPN, Find Satoshi Lab berhasil mengumpulkan pendanaan sebesar 26 juta dolar AS (sekitar Rp376,5 miliar) pada kuartal pertama.

“Pada pertengahan Maret, kami memiliki 100.000 pengguna aktif setiap hari, dan jumlah itu meningkat dua kali lipat sejak itu,” ujar Chief Business Officer STEPN, Shiti Manghani, dikutip dari CoinDesk.

Solana winner

Selain itu, STEPN adalah pemenang Solana Ignition Hackathon Gaming Track. Ini juga satu-satunya game seluler yang memenangkan Hackathon. Melalui antarmuka yang mudah digunakan, Marketplace dan Wallet bawaan, desain game STEPN, dan tujuan untuk mendorong jutaan orang dari luar komunitas krpto untuk menggunakan aplikasi ini telah memenangkan penghargaan dari dewan juri Hackathon.

STEPN menjadi aplikasi pertama yang menjalankan Web3 dan menggabungkannya dengan elemen sosial dalam sebuah game yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. STEPN berhasil mendatangkan investor papan atas termasuk Sequoia Capital, Alameda Research, Folius Ventures, Solana Capital, Corner Ventures, M13, 6th Man Ventures, DeFi Alliance, MorningStar Ventures, Solar Eco Fund, Openspace Ventures, Spark Digital Capital, Lemniscap, WlinderShi Capital, dan Sfermion, serta Zee Prime Capital.

Pihak STEPN punya misi menarik, yakni menginspirasi jutaan orang untuk terlibat dalam gaya hidup sehat, menghubungkan mereka ke Web3, serta memberikan kontribusi positif bagi netralitas karbon.

Saat penulisan harga token STEPN (GMT) diperdagangkan di level Rp52.013. Pada 28 April kemarin STEPN berhasil menorehkan harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) di harga Rp59.433. Performa harga GMT mengalami penurunan sebesar 9,3 persen dalam 24 jam terakhir. Sementara dalam dua pekan terakhir, token GMT berhasil naik 60,1 persen, seperti laporan data dari Coingecko.

Token STEPN (GMT) sendiri memiliki total pasokan sebanyak 6 miliar token. Sementara token yang beredar di pasaran saat ini sejumlah 6 ratus juta token GMT.