Apple Pay Tambahkan Opsi Pembayaran <i>Stablecoin</i> USDC, Begini Cara Mengaktifkannya!
Stablecoin USDC. (Foto; Dok. Circle)

Bagikan:

JAKARTA – Circle, penerbit USDC mengumumkan langkah barunya dengan menyatakan bahwa stablecoin-nya menjadi opsi pembayaran di Apple Pay. Nantinya, pembayaran akan diaktifkan untuk pembayaran cepat dalam mode pembayaran digital reguler.

Opsi tersebut akan tersedia dalam aplikasi bersama dengan opsi pembayaran menggunakan browser Safari. Selain itu, pelanggan tidak perlu lagi membuat akun atau mengisi formulir untuk mengakses fitur pembayaran baru. Informasi saja, USDC adalah mata uang kripto yang nilainya stabil (stablecoin) mengikuti harga dolar AS.

Upaya tersebut ditujukan untuk bisnis kripto seraya memungkinkan konsumen untuk membeli aset kripto melalui Apple Pay di beberapa bursa kripto tertentu. Dengan begitu, kolaborasi pembayaran Circle dan Apple Pay ini akan memberi kemudahan bagi pengguna non-kripto.

“Hal ini bisa sangat kuat untuk bisnis kripto, karena dapat membantu mereka menciptakan koneksi yang lebih kuat dengan pelanggan yang ingin membayar menggunakan metode yang lebih tradisional dan bahkan memungkinkan mereka untuk membeli kripto dengan Apple Pay di bursa pilihan mereka,” kata Direktur Produk, Pembayaran Konsumen Circle, Abhishek Sandhir.

Langkah ini juga ditujukan untuk memperluas adopsi kripto mengingat Apple memiliki jangkauan market global. Dengan begitu, USDC berpeluang memperluas pasar dan utilitasnya.

“Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa bisnis yang memenuhi syarat yang dibangun dengan Circle sekarang dapat lebih meningkatkan penjualan mereka dengan menerima Apple Pay - cara yang mudah, aman, dan pribadi untuk membayar,” menurut pengumuman dari blog Circle.

Pembayaran yang mudah akan membantu entitas kripto seperti pasar NFT, permainan kripto, pertukaran kripto, dompet kripto, dan penyedia pengiriman uang lintas batas. Selain itu, dukungan kripto di Apple dapat digunakan untuk penyelesaian pembayaran dengan biaya yang lebih murah. Ini juga akan membantu bisnis tradisional yang tidak melakukan pembayaran ritel dalam mata uang kripto.

“Faktanya, solusi Pembayaran Apple Pay dan Circle memungkinkan bisnis asli kripto untuk menerima pembayaran dari pelanggan yang tidak menggunakan kripto sama sekali. Pasar NFT, permainan kripto, pertukaran kripto, dompet kripto, dan penyedia pengiriman uang lintas batas dapat membantu bisnis mereka tumbuh dengan mempermudah pembayaran dengan Apple Pay dan Circle,” tambah Sandhir.

“Bisnis tradisional juga dapat memanfaatkan peningkatan ini untuk mengalihkan lebih banyak pembayaran ritel ke mata uang digital dan merasakan manfaat penyelesaian USDC,” pungkasnya.

Cara Mengaktifkan Pembayaran USDC di Apple Pay

Berdasarkan keterangan resmi Circle, untuk mengaktifkan Apple Pay hanya membutuhkan beberapa langkah. Pertama, bisnis yang memenuhi syarat dapat membuka Akun Circle gratis dan membuat akun pengembang Apple. Kemudian Anda dapat terhubung ke solusi Pembayaran Circle melalui integrasi API yang mudah dan mulai menguji Apple Pay dan metode pembayaran lainnya di kotak pasir kami.

Apple Pay via Circle memudahkan pelanggan Anda untuk membayar secara online dan di aplikasi menggunakan iPhone, Apple Watch, iPad, dan perangkat lain yang didukung. Untuk membayar di aplikasi dan situs web di Safari pada iPhone dan iPad Anda, cukup minta pelanggan memilih Apple Pay saat checkout dan selesaikan pembayaran menggunakan Face ID atau Touch ID.