Cara Baru Menghasilkan Uang Dari Twitter, Ini Syarat Monetisasinya
Twitter bisa dimonetisasi (Tech Crunch)

Bagikan:

JAKARTA - Kini pengguna Twitter bisa hasilkan uang lewat platform tersebut. Perusahaan milik Jack Dorsey itu menghadirkan fitur anyar yang disebut Super Follows. Dengan hadirnya fitur ini, pengguna Twitter akan mendapatkan uang dari akun-akun yang mengikutinya.  

Para follower akan mendapat akses khusus, berupa tweet bonus, akses ke grup, lencana atau badge, dan berlangganan buletin. Lencana tersebut ditujukkan sebagai bentuk dukungan.

Melansir The Verge, Twitter menampilkan contoh di mana pengguna dikenai biaya senilai 4,99 dollar AS per bulannya untuk para pengikut agar bisa mendapatkan layanan khusus.

Walaupun demikian, pihak Twitter belum memberikan informasi yang lebih detail terkait sistem pembayaran biaya langganan yang akan didapat oleh para content creator dari followernya. Perusahaan juga belum menginformasikan pembagian hasil yang jelas terkait rencana tersebut.

Pihak Twitter mengambil keputusan ini agar para pembuat konten dan penerbit mendapat bayaran langsung dari para pengikutnya. Rencana ini sudah sering dilakukan oleh sejumlah platform media sosial lainnya, seperti Facebook, Patreon, GitHub hingga YouTube.

Tidak hanya itu Twitter juga menginformasikan fitur anyar yang bernama ‘Communities’, fitur ini sepertinya tidak jauh beda dengan yang digunakan di Grup Facebook. Pengguna Twitter dapat membuat grup maupun bergabung dengan grup yang diinginkannya sendiri supaya bisa melihat tweet lebih sesuai dengan keinginannya sendiri.

Sebelumnya, pihak Twitter hanya menampakkan tanda-tanda bahwa platform tersebut akan menghadirkan layanan yang bisa menghasilkan uang. Kini Twitter sudah resmi mengumumkan bahwa para pengguna bisa melakukan monetisasi dalam platformnya.

Hingga saat ini, Twitter berfokus untuk mendapat penghasilan dari iklan digital meskipun karena hal ini media sosial milik Jack Dorsey itu mendapat kritikan dari sejumlah aktivis dan investor.