Bagikan:

YOGYAKARTA – Platform media sosial X yang dulu dikenal dengan nama Twitter memiliki program Ads Revenue Sharing yang memungkinkan pengguna mendapatkan cuan dari konten yang diunggah di dalam platform X. Lantas, apa saja syarat monetitasi akun X?

"Ads Revenue Sharing memungkinkan Anda berbagi pendapatan dari tayangan organik pengguna terverifikasi dari iklan yang ditampilkan sebagai reply konten yang diunggah di X," tulis X dalam laman Help Center, disadur Jumat, 18 Agustus 2023.

Syarat Monetisasi Akun X

Untuk dapat melakukan monetisasi di platform X lewat program Ads Revenue Sharing, pengguna harus memenuhi beberapa syarat, seperti:

  • Mempunyai setidaknya 500 pengikut (follower)
  • Berlangganan X Premium (dulu bernama Twitter Blue) atau akun organisasi terverifikasi (verified account)
  • Mempunyai setidaknya 5 juta tayangan (impression) twit/postingan dalam 3 bulan terakhir
  • Konten kreator mempunyai akun Stripe (platform pembayaran digital) untuk proses pembayaran uang dari bagi hasil iklan.

Pengguna yang sudah memenuhi segala persyaratan tersebut dapat mengikuti program monetisasi Ads Revenue Sharing dan berhak menerima pembayaran secara reguler. Namun, dengan catatan telah menghasilkan lebih dari 10 dollar AS atau sekitar Rp150 ribu.

Disadur dari laman resmi X, selain syarat di atas, pengguna juga wajib mematuhi “Persyaratan Bagi Hasil Iklan dari X”, yang mencakup aturan "Standar Monetisasi Kreator dan Aturan X".

Apabila aturan tersebut dilanggar, keiikutsertaan dalam program Ads Revenue Sharing bakal dicabut oleh X.

Cara Mendapatkan Cuan Lewat Akun X Via Program Ads Revenue Sharing

Setelah memenuhi sejumlah syarat di atas, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan cuan dari akun X:

  • Mengaktifkan Ads Revenue Sharing di akun X. Caranya, buka menu “Setting and Privacy” di platform X. Berikutnya pilih opsi “Monetization”.
  • Selanjutnya, aktifkan opsi monetisasi “Ads Revenue Sharing”.
  • Apabila akun memenuhi persyaratan, pengguna bisa mulai mengatur akun Stripe untuk sarana pembayaran “gaji” dari bagi hasil iklan Twitter X.
  • Setelah tergabung, pengguna bakal mendapatkan uang secara berkala, asalkan sudah menghasilkan lebih dari 10 dollar AS.

Sekedar informasi tambahan, program monetisasi Ads Revenue Sharing sudah hadir secara global di 115 negara, termasuk Indonesia pada akhir Juli 2023.

Kehadiran program tersebut, memungkinkan konten kreator untuk mendapatkan “gaji” dari bagi hasil iklan Twitter. Pada tahap awal program Ads Revenue Sharing, bagi hasil iklan yang akan diberikan ke kreator sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 74,5 miliar.

Besaran pendapatan yang akan diberikan platform X melalui program Ads Revenue Sharing dapat mencapai 40.000 dollar AS atau sekitar Rp598 juta untuk akun yang mempunyai jutaan pengikut.

Demikian informasi tentang syarat monetisasi akun X. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.