Pengadilan Australia Denda Google Rp7,4 Miliar karena Memfasilitasi Kampanye Rasis dan Fitnah Tanpa Bukti
John Barilaro menjadi korban kampanye rasis dan fitnah di YouTube. (foto: twitter @_JohnBarilaroMP)

Bagikan:

JAKARTA - Pengadilan Australia pada Senin, 6 Juni memerintahkan Google untuk membayar mantan anggota parlemen sebesar  715.000 dolar AUS (Rp 7,4 miliar). Denda ini karena mereka gagal menghapus video yang disebut "kampanye tanpa henti, rasis, fitnah, kasar dan memfitnah" dari YouTuber yang membuatnya keluar dari politik.

Pengadilan Federal menemukan perusahaan Alphabet Inc, induk dari Google, yang memiliki situs berbagi konten YouTube, menghasilkan uang dengan menyiarkan dua video yang menyerang wakil perdana menteri New South Wales, yang dikenal sebagai negara bagian terpadat di Australia. Video itu sendiri   telah dilihat hampir 800.000 kali sejak diposting pada akhir 2020.

Sebelumnya, Google diputuskan telah terbukti bertanggung jawab atas pencemaran nama baik karena menyediakan tautan ke artikel di hasil pencarian. Akan tetapi keputusan Senin ini adalah salah satu yang pertama di mana perusahaan itu dianggap sebagai penerbit aktif, yakni melalui YouTube, untuk konten yang mencemarkan nama baik pejabat terpilih.

Di Australia, tinjauan undang-undang pencemaran nama baik juga sedang memeriksa apakah platform online harus bertanggung jawab atas konten pencemaran nama baik yang mereka host. Google dan raksasa internet lainnya berpendapat bahwa mereka tidak dapat diharapkan untuk mengawasi semua pos dari pengguna.

Pengadilan mendengar bahwa pembuat konten Jordan Shanks mengunggah video di mana dia berulang kali menyebut anggota parlemen John Barilaro "korup" tanpa mengutip bukti yang kredibel. Ia bahkan   menyebut dia dam menyerang warisan Italia-nya yang menurut hakim, Steve Rares, sama dengan " ujaran kebencian."

“Dengan terus menerbitkan konten itu, Google melanggar kebijakannya sendiri untuk melindungi tokoh masyarakat agar tidak menjadi sasaran yang tidak adil dan "mengusir Tuan Barilaro sebelum waktunya dari layanan pilihannya dalam kehidupan publik dan membuatnya trauma secara signifikan," kata Rares, seperti dikutip Reuters.

Barilaro terpaksa berhenti dari politik setahun setelah Shanks memposting video itu. "Google tidak dapat lepas dari tanggung jawabnya atas kerusakan substansial yang disebabkan oleh kampanye Mr Shanks," tambah Rares.

Shanks, yang memiliki 625.000 pelanggan YouTube dan 346.000 pengikut di Facebook, adalah terdakwa bersama sampai penyelesaian dengan Barilaro tahun lalu yang melibatkan YouTuber mengedit video dan membayar mantan politisi sebesar 100.000 dolar AUS.

Tapi Shanks "membutuhkan YouTube untuk menyebarkan “racunnya” (dan) Google bersedia bergabung dengan Shanks untuk mendapatkan pendapatan sebagai bagian dari model bisnisnya," kata hakim.

Sebelum gugatan itu diselesaikan, Shanks terus menyerang Barilaro dan pengacaranya di depan umum. Hakim mengatakan dia akan menuntut Shanks dan Google ke pihak berwenang "untuk apa yang tampaknya merupakan penghinaan serius terhadap pengadilan dengan memberikan tekanan yang tidak pantas selama prosesi ini".

Dalam sebuah posting Facebook setelah putusan tersebut, Shanks, yang menggunakan pegangan friendlyjordies, mengejek Barilaro dengan mengatakan "Anda akhirnya mencetak koin dari Google ... tanpa pernah diuji kebenarannya di pengadilan".

Shanks menambahkan, tanpa bukti, bahwa Barilaro "menarik tindakannya terhadap kami sehingga kami tidak akan bersaksi atau memberikan bukti kami" untuk mendukung klaimnya.

Barilaro mengatakan kepada wartawan di luar gedung pengadilan bahwa dia merasa "bersih dan dibenarkan".

"Ini tidak pernah tentang uang," kata Barilaro. "Ini tentang permintaan maaf, penghapusan. Tentu saja, sekarang permintaan maaf tidak ada gunanya setelah kampanye berlanjut. Itu diambil pengadilan untuk memaksa tangan Google."