Whatsapp Akhirnya Sambangi iPad, Windows dan MacOS
Whatsapp bisa digunakan untuk iPad, Windows dan MacOS. (foto; Roberto Nickson / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna iPad sebentar lagi bakal kedatangan aplikasi perpesanan WhatsApp di perangkatnya. Semula mereka tidak bisa menggunakannya, kini mereka dapat menikmati layanan milik Facebook tersebut.

Dikutip dari Wccftech, Selasa, 24 Agustus, WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan aplikasi iPad bersama pengembangan multi-device 2.0. Artinya, perangkat iPad akan masuk dalam dukungan perangkat tertaut. Tidak hanya untuk iPad, WhatsApp juga secara general mengembangkan aplikasi untuk tablet Android.

Namun, sementara ini para pengguna masih akan memiliki dukungan perangkat terbatas saat menggunakan fitur multi-device tersebut. Mereka hanya dapat menggunakan pada maksimal empat perangkat, baik itu laptop, komputer atau iPad dan tablet Android.

Lebih lanjut, WhatsApp pertama kalinya juga meluncurkan aplikasi versi beta untuk pengguna komputer berbasis Windows dan macOS. Versi beta untuk pengguna umum adalah 2.2133.1. Apabila tertarik untuk mencoba aplikasi WhatsApp desktop versi beta, pengguna bisa mengunduhnya melalui tautan yang sudah disediakan oleh perusahaan.

Setelah pengguna WhatsApp di PC mendaftarkan perangkat mereka untuk mencoba program tersebut, mereka akan menjadi penguji resmi dan menerima semua fitur dalam pembaruan secara otomatis. Versi tersebut hanya menyertakan satu fitur, yaitu perekaman pesan audio saja. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan pratinjau (preview) pesan audio mereka sebelum dikirim.

Sebelumnya jika pengguna merekam pesan audio, mereka hanya bisa langsung mengirim ke penerima tanpa pratinjau terlebih dahulu. Nantinya fitur ini dipastikan akan meluncur lebih awal di aplikasi WhatsApp seluler.

Melalui uji coba tersebut, apabila pengguna mendapatkan bug selama menggunakan WhatsApp desktop versi beta, perusahaan menyediakan fitur laporan yang dapat diakses pada menu Settings, pengguna tinggal mengklik Contact Us dan kirimkan penjelasannya disertai tangkapan layar bug sehingga mudah dipahami oleh tim pengembang.