Aplikasi WhatsApp Asli untuk macOS Kini Tersedia dalam Versi Beta
WhatsApp bekerja pada aplikasi macOS yang diperbarui (foto: dok. WhatsApp)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp bekerja pada aplikasi macOS yang diperbarui, menampilkan dukungan silikon asli Apple sejak Juli tahun lalu. Sekarang, versi beta dari aplikasi tersebut telah tersedia untuk pengguna yang ingin mencobanya.

Dibangun dengan Apple Catalyst, kerangka kerja pengembangan lintas platform Apple sebagai cara mudah membawa aplikasi iPad ke Mac.

Aplikasi baru ini memanfaatkan sumber daya sistem dengan lebih efisien dan menawarkan antarmuka (UI) yang diperbarui, memberi pengguna akses lebih mudah ke obrolan yang diarsipkan, pesan berbintang, dan panggilan.

Selain itu, aplikasi WhatsApp baru untuk macOS menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan lebih efisien karena dioptimalkan untuk perangkat keras Mac.

Antarmuka yang didesain ulang terlihat dan terasa lebih seperti aplikasi macOS asli dengan menawarkan dukungan drag-and-drop, di mana pengguna dapat berbagi file dengan mudah dengan orang lain.

Seperti dicatat oleh WABetaInfo, aplikasi macOS dengan dukungan Apple Silicon asli itu awalnya tersedia dalam TestFlight beta terbatas, tetapi perusahaan memperluas pengujian menjelang rilis resmi yang kini dapat diunduh dari situs web WhatsApp.

Untuk mencobanya, unduh file dmg dari situs web messenger dan instal di macOS. Setelah menginstal aplikasi, pengguna dapat menautkannya ke akun WhatsApp mereka dengan memindai kode QR menggunakan WhatsApp di perangkat Android atau iOS.

Perlu dicatat, aplikasi itu masih dalam versi beta, jadi beberapa fitur mungkin tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

Untungnya, melansir XDA Developers, Rabu, 25 Januari, pengguna dapat dengan mudah melaporkan semua masalah menggunakan tombol bug yang terletak di pojok kiri bawah aplikasi.