Pengguna WhatsApp Sebentar Lagi Bisa Kirim Foto dengan Kualitas Asli
Ilustrasi fitur Photo di WhatsApp (foto: dok. WhatsApp)

Bagikan:

JAKARTA - Bertahun-tahun pengguna WhatsApp harus bersabar saat mereka berbagi foto di aplikasi tersebut karena kualitasnya dipastikan telah menurun. Tetapi itu tak akan lagi terjadi.

Sebentar lagi, pengguna dapat segera membagikan foto berkualitas tinggi di WhatsApp, yang sudah lama tertunda. Pertama kali dilaporkan WABetaInfo, WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru di mana pengguna bisa mengirim foto dengan kualitas asli tanpa kompresi apa pun.

Fitur baru ini termasuk dalam WhatsApp beta untuk Android 2.23.2.11 tetapi sedang dikembangkan dan oleh karena itu belum tersedia untuk penguji beta.

WABetaInfo menemukan fitur tersebut sebagai pengaturan Photo quality baru di dalam header alat gambar.

Sebelumnya, WhatsApp sudah mengizinkan pengguna memilih antara otomatis, kualitas terbaik, dan penghemat data, platform tersebut saat ini tidak mengizinkan pengguna mengirim foto dalam ukuran dan resolusi aslinya.

Sebagai gantinya, gambar-gambar ini dikompresi bahkan saat memilih kualitas terbaik untuk menyediakan transfer data lebih cepat yang menghabiskan lebih sedikit ruang penyimpanan.

Sayangnya, tidak diketahui apakah fitur baru ini juga akan diperluas ke video yang dikirim di aplikasi milik Meta tersebut.

Jika tidak, melansir The Verge, Selasa, 24 Januari, pengguna masih memiliki solusi untuk menghindari WhatsApp mengompresi konten mereka dengan mengubah ekstensi file dan mengirimkannya sebagai dokumen daripada gambar atau video.