Perbedaan WhatsApp Beta dan Biasa, Begini Cara Mendownloadnya
Perbedaan WhatsApp Beta dan biasa (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak pengguna ponsel yang menanyakan perbedaan WhatsApp Beta dan biasa. Perlu Anda tahu bahwa setiap fitur baru akan dirilis, WhatsApp akan melakukan uji coba terlebih dahulu ke pengguna WhatsApp Beta. Langkah uji coba ini dilakukan untuk memastikan apakah aplikasi sudah stabil atau masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki. 

WhatsApp selalu melakukan pembaruan atau update fitur untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan penggunanya. Uji coba pembaruan dilakukan dalam WhatsApp Beta sebagai versi awal yang belum stabil dan dirilis resmi. Meski baru percobaan, pengguna dapat menjajal fitur-fitur teranyar tersebut lebih dulu. 

Dalam WhatsApp Beta, pengguna dapat mengoperasikan beberapa hal mulai dari menyentuh layar, cek notifikasi masuk, membalas pesan, hingga melakukan panggilan suara atau video call. Oleh karena itu pengguna perlu tahu perbedaan WhatsApp Beta dan biasa?

Perbedaan WhatsApp Beta dan Biasa

Sebelum fitur-fitur baru dirilis untuk pengguna secara umum atau lebih luas, pihak pengembang atau developer akan menguji lebih dulu melalui aplikasi WhatsApp versi Beta. WhatsApp masih menyimpan fitur-fitur menarik yang belum dirilis secara final, sehingga banyak pengguna yang mencoba atau bahkan tidak tahu. 

WhatsApp menyediakan aplikasi versi Beta yang dikembangkan untuk menguji fitur baru, sebelum dilakukan perilisan secara penuh atau resmi. Namun WhatsApp Beta tidak dapat diakses secara publik oleh sembarang pengguna. Meski demikian, Anda juga punya kesempatan untuk mengikuti program Beta supaya turut bisa menjajal fitur baru WA yang bakal dirilis kemudian hari. 

WhatsApp Beta Lebih Banyak Fitur

Sebenarnya perbedaan WhatsApp Beta dan versi asli atau biasa tidaklah tampak mencolok. Kedua versi WhatsApp ini dapat digunakan untuk kirim pesan dan melakukan panggilan telepon serta video call. WhatsApp Beta menyediakan fitur lebih banyak yang tidak terdapat pada WA versi aslinya. 

Kemungkinan Gangguan pada WhatsApp Beta

Namun meski tersedia banyak fitur, namun pengoperasian WhatsApp Beta mungkin tidak berjalan dengan lancar atau stabil. Pengguna WhatsApp Beta bisa saja mengalami gangguan bug, issue atau masalah lainnya saat menjalankan aplikasi. Hal ini terjadi karena fitur-fiturnya masih dalam uji coba. 

Pengguna WhatsApp Beta Dapat Mengirimkan Laporan Masalah

Pengguna WhatsApp Beta dapat mencoba dan menjalankan fitur-fitur baru yang baru dikembangkan. Saat menguji fitur yang tersedia, pengguna dapat mengirimkan laporan jika terjadi masalah. Hal ini tentunya tidak bisa dilakukan oleh pengguna WhatsApp versi aslinya, sebab fitur-fitur tersebut belum terdapat dan dirilis di WA secara luas.

Cara Mendownload WhatsApp Beta di Android

  1. Bagi Anda yang menggunakan ponsel Android, berikut ini cara mendownload WhatsApp Beta:
  2. Silakan buka link berikut ini untuk mengikuti program Beta Tester WhatsApp di Play Store: https://play.google.com/apps/testing/com.whatsapp/join 
  3. Kemudian klik tombol "Become Tester" untuk bergabung menjadi Beta Tester 
  4. Apabila sudah berhasil tergabung dalam Beta Tester, akan muncul notifikasi "Welcome to the testing programme" dengan centang hijau 
  5. Selanjutnya Anda sudah bisa mendownload WhatsApp Beta versi terbaru

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan WhatsApp Beta dan biasa yang perlu dipahami oleh pengguna WA. Meski bisa diakses, namun WhatsApp Beta versi terbaru kemungkinan tidak berjalan semestinya karena masih dalam tahap pengujian. Mungkin Anda juga akan menemukan bug crash atau issue lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.