Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia baru-baru ini mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengembangkan fitur yang paling diinginkan pengguna. Fitur baru tersebut yakni dukungan multi-perangkat (device) akhirnya akan segera tersedia untuk pengguna.

Fitur multi-device sejatinya adalah fitur dasar untuk sebagian besar aplikasi pesan instan. Ini akan memungkinkan aplikasi untuk bekerja pada beberapa perangkat secara bersamaan, terlepas dari apakah ponsel memiliki koneksi internet aktif.

Dengan mengaktifkan fitur multi-device, pengguna dapat menggunakan aplikasi desktop kapan saja, bahkan tanpa ponsel berada di dekat mereka.

Eksekutif Facebook, termasuk Mark Zuckerberg, mengonfirmasi kepada WABetaInfo beberapa minggu lalu bahwa Facebook sedang mengerjakan dukungan multi-device untuk WhatsApp.

“Ini merupakan tantangan teknis yang besar untuk menyinkronkan semua pesan dan konten Anda dengan benar di seluruh perangkat. Bahkan ketika baterai ponsel Anda mati. Akan tetapi kami telah memecahkannya, dan kami berharap untuk segera mengeluarkannya! Ini masih dienkripsi ujung-ke-ujung. Saya pikir kami telah menyelesaikan ini dengan cara yang elegan, dan itu akan menjadi solusi terbaik di luar sana," ungkap Zuckerberg seperti dikutip dari BGR, Selasa 13 Juli.

Facebook mengungkapkan bahwa fitur multi-device akan tersedia untuk pengguna WhatsApp beta dalam satu atau dua bulan ke depan. WaBetaInfo juga menemukan bukti bahwa WhatsApp untuk Desktop beta sudah dekat pada waktu peluncuran.

Cara Kerja Multi-device Beta

Fitur Multi-device WhatsApp pada awalnya akan memiliki beberapa batasan. Pengguna baru bisa menautkan empat perangkat, dan hanya satu di antaranya yang dapat berupa ponsel. Pengguna bisa menggunakan kode QR untuk masuk ke perangkat non-ponsel. Jadi pengalaman login akan serupa dengan fitur desktop.

Setelah multi-perangkat diaktifkan, pengguna akan dapat memanfaatkan aplikasi secara maksimal. Untuk mencoba multi-device WhatsApp sesegera mungkin, pengguna harus mendaftar di program beta. Setelah itu, aplikasi WhatsApp Desktop akan diubah menjadi WhatsApp for Desktop beta secara otomatis.

Namun, WhatsApp bukan satu-satunya yang memiliki fitur multi-device. Lebih dahulu ada iMessage. Ini berfungsi di perangkat iOS, macOS, dan watchOS. Cukup masuk ke Apple ID di perangkat, dan pengguna dapat melanjutkan obrolan dari perangkat terakhir yang digunakan.