Perang Dua Ponsel Canggih, Ini Perbandingan Apple iPhone 12 dan  Samsung Galaxy S21
Dua ponsel canggih berebut pasar di segmen yang sama. (foto: istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Apple iPhone 12 Pro Max dan Samsung Galaxy S21 Ultra adalah dua smartphone kelas atas terbaik yang tersedia di pasaran saat ini. Yang pertama diluncurkan pada Oktober 2020 mulai dari  Rp16 juta rupiah  sedangkan yang terakhir diluncurkan pada Januari 2021 mulai dari Rp17,5 juta.

Memilih satu dari dua ini adalah keputusan yang sulit mengingat seberapa banyak rekayasa yang mereka buat. Dalam panduan iPhone vs Samsung ini, kami membantu Anda mendekati keputusan pembelian.

1. Kamera: 4K vs. 8K

Pertama, mari kita bicara spesifikasi. iPhone 12 Pro Max memiliki total empat kamera. Sensor utama 12MP, ultra-wide 12MP, telefoto 12MP, dan kamera depan 12MP. Itu dapat merekam video hingga 4K di depan dan belakang.

Galaxy S21 Ultra memiliki total lima kamera. Sensor utama 108MP didukung Laser Autofocus, lensa telefoto 10MP, lensa telefoto periskop 10MP tambahan, lensa ultra lebar 12MP (yang juga berfungsi sebagai kamera makro), dan kamera depan 40MP. Dapat merekam video hingga 8K di bagian belakang dan video 4K di bagian depan.

Untuk pecinta murni yang menyukai foto dan video yang tampak alami, iPhone 12 Pro Max memberikan output yang terasa realistis dan konsisten di semua kamera dan fungsinya, tetapi terkadang harus terlihat agak datar.

Galaxy S21 Ultra memiliki sistem kamera yang lebih mumpuni dengan algoritma pemrosesan gambar agresif yang menghasilkan foto hidup kontras tinggi, tetapi dengan mengorbankan tampilan yang tidak alami atau terlalu jenuh dalam kondisi tertentu.

Perbandingan kamera, iPhone 12 dan Galaxy S21. (Istimewa)
Perbandingan kamera, iPhone 12 dan Galaxy S21. (Istimewa)

 

Meskipun bidikan terlihat enak dipandang, outputnya lebih eksperimental dan tidak memiliki tingkat konsistensi yang sama dengan iPhone 12 Pro Max.

Konon, kedua ponsel memiliki bidang spesialisasi masing-masing. Mode Potret, kualitas video, dan Mode Malam benar-benar memukau di iPhone 12 Pro Max. Namun dalam hal kemampuan zoom, Stabilisasi Gambar Optik, dan pengalaman kamera secara keseluruhan, Galaxy S21 Ultra jelas merupakan pemenang karena keserbagunaannya.

2. Performa: A14 Bionic vs. Snapdragon 888/Exynos 2100

Ponsel iPhone 12 Pro Max ditenagai oleh chip A14 Bionic buatan Apple yang menjalankan iOS 14.1 dan dilengkapi dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128/256/512GB.

Galaxy S21 Ultra bersaing dengan Snapdragon 888 di AS dan China atau chip Exynos 2100 internal di sebagian besar belahan dunia lainnya. Ini menjalankan kulit One UI 3.1 aslinya di atas Android 11 dan dilengkapi dengan RAM 12 atau 16GB dan penyimpanan internal 128/256/512GB.

Rata-rata, kinerja tipis yang dihadirkan oleh iPhone 12 Pro Max dan Galaxy S21 Ultra sangat mirip. Yang pertama memiliki kecepatan rendering yang lebih baik sementara yang terakhir membuka aplikasi sedikit lebih cepat.  

3. Tampilan: Super Retina XDR vs. Dynamic AMOLED 2X

IPhone 12 Pro Max hadir dengan panel Super Retina XDR 60Hz dan dapat mencapai kecerahan puncak 1200 nits. Layar membentang 6,7 inci, melampaui resolusi FHD+ pada 1284x2778 piksel dengan kerapatan piksel 458 ppi yang menskalakan rasio layar-ke-tubuh sekitar 87,4%.

Galaxy S21 Ultra hadir dengan panel 120Hz Dynamic AMOLED 2X adaptif dengan dukungan HDR10+, dan dapat mencapai kecerahan puncak 1500 nits. Layar membentang 6,8 inci dengan resolusi QHD pada 1440x3200 piksel dengan kerapatan 515 ppi yang menskalakan rasio layar-ke-tubuh sekitar 89,8%.

Kedua panel sangat responsif, menakjubkan untuk dilihat, dan akurat warna. Namun, Galaxy S21 Ultra masih tetap kuat bahkan di bawah sinar matahari sore yang terik karena kecerahan puncak yang lebih tinggi. Ini juga terlihat lebih tajam karena kerapatan pikselnya yang lebih tinggi, meskipun tidak ada perbedaan mencolok dalam penggunaan sehari-hari.

Layar pada perangkat ini juga lebih lancar dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi dan terasa lebih modern untuk dilihat berkat rasio layar-ke-tubuhnya yang lebih tinggi. Ini seharusnya tidak mengejutkan karena Samsung memiliki reputasi untuk membangun teknologi tampilan terbaik di industri.

4. Baterai: 3687mAh vs. 5000mAh

Baterai yang ideal adalah baterai yang membuat Anda  tidak perlu membuat khawatir dan bisa memastikan bahwa itu tidak akan mati secara tiba-tiba saat Anda sangat membutuhkannya.  Galaxy S21 Ultra mengemas baterai 5000mAh yang kuat dengan kabel 25W cepat, nirkabel 15W, dan dukungan pengisian nirkabel terbalik 4,5W.

IPhone 12 Pro Max memiliki baterai 3687mAh dan mendukung pengisian 15W "cepat" menggunakan pengisi daya MagSafe Apple yang membutuhkan waktu lebih dari 3 jam untuk beralih dari kosong hingga penuh. Namun, karena chip A14 Bionic internal sangat efisien dan terintegrasi dengan baik dengan ekosistem Apple, chip ini tidak menghabiskan banyak daya sepanjang hari, membuatnya bertahan hampir sama dengan S21 Ultra.

5. Membangun Kualitas: Stainless Steel vs Aluminium

IPhone 12 Pro Max dilindungi oleh Perisai Keramik baru Apple (hibrida antara kaca dan keramik) di bagian depan yang diklaim lebih tangguh daripada kaca smartphone mana pun. Bagian belakang perangkat tidak menikmati perlindungan yang sama dan dilindungi oleh kaca yang lebih lemah yang ditemukan pada iPhone 11 tahun lalu. Bingkai terbuat dari baja tahan karat yang kuat yang dengan mudah menunjukkan sidik jari.

Galaxy S21 Ultra menggunakan perlindungan Gorilla Glass Victus di kedua sisi dan memiliki bingkai yang lebih lembut yang terbuat dari aluminium. Saat diuji, kedua perangkat melakukan pekerjaan yang baik dalam menahan goresan dan jatuh yang tidak disengaja. Namun, desain potongan kontur menggembung yang baru dari S21 Ultra terkadang dapat membawa dampak buruk ke modul kamera saat terkena langsung.

Jika dibandingkan dengan Gorilla Glass Victus, Ceramic Shield Apple tidak sekuat yang diiklankan oleh raksasa teknologi itu. Kedua perangkat memiliki tingkat kekuatan yang sama dan dapat bertahan dalam penggunaan sehari-hari tanpa mengalami kerusakan besar, dan didukung oleh peringkat IP68 resmi.

Lapisan matte yang membeku di kedua perangkat terasa halus saat dipegang dan membantu menghindari noda sidik jari.