Kemampuan Fotografi Model Tertinggi Samsung Galaxy S21 Ultra Tertinggal dengan iPhone 13 Pro Max
Produk dari Apple, iPhone 13 memiliki teknologi kamera yang lebih baik dari Samsung Galaxy S21. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi Apple belum lama ini meluncurkan seri iPhone 13. Dan digadang-gadang model unggulannya iPhone 13 Pro Max memiliki kualitas fotografi yang mumpuni, dibanding Samsung Galaxy S21 Ultra.

Kedua ponsel tersebut merupakan model tertinggi dari perusahaan Apple dan Samsung. Persaingan Apple dan Samsung berlangsung selama bertahun-tahun, mendorong satu sama lain untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

Apple memilih kamera dengan kualitas yang jauh lebih tinggi, sementara Samsung telah mengurangi pemrosesannya untuk menghasilkan foto yang lebih seimbang.

Perangkat keras dan perangkat lunak dari dua sistem kamera canggih ini akan memperjelas bahwa Apple memiliki keunggulan atas Samsung menyoal fotografi berkualitas tinggi dalam berbagai kondisi, seperti dihimpun dari ScreenRant, Senin, 20 September.

Kualitas Cahaya dan Fitur Zoom Super Mulus

Apple menghasilkan lebih banyak cahaya, ini penting untuk menangkap kualitas terbaik dan menghasilkan gambar yang paling indah. Sedangkan Galaxy S21 Ultra menyempurnakan kualitas foto yang dapat diambil dengan sensor gambar utama 108 megapiksel, menandai peningkatan besar dibandingkan generasi sebelumnya.

Secara keseluruhan, kualitas gambar sangat bagus, Galaxy S21 Ultra juga memiliki salah satu kemampuan zoom dengan dua kamera telefoto yang melayani 3 dan 10 kali zoom. Fitur utama zoom digital yang diklaim mampu 100 kali, bahkan ternyata baru digunakan 30 kali zoom, hasil foto malah terlihat kasar dan tegang.

Fitur tersebut mungkin berguna saat bergerak lebih dekat ke subjek, dan ketika kamera zoom khusus tidak tersedia. Stabilisasi gambar optik, piksel fokus, dan fokus otomatis laser membantu menjaga foto tetap tajam. iPhone 13 Pro Max memiliki telefoto yang menawarkan zoom tiga kali, jauh dari kemampuan kamera zoom ganda 3 dan 10 kali Samsung.

Aperture iPhone 13 Pro Max Bikin Gambar Lebih Tajam

Produk, iPhone 13 Pro Max baru Apple adalah langkah maju dari iPhone 12 Pro Max yang sudah sangat baik. Setiap kamera ditingkatkan, terutama sudut ultra lebar yang kini memiliki fokus otomatis dan bukaan f/1.8 yang jauh lebih lebar.

Dibandingkan dengan Galaxy S21 Ultra dengan bukaan f/2.2, ini berarti iPhone membawa lebih banyak cahaya. Hal yang sama berlaku untuk kamera utama, menampilkan lensa f/1.5 yang sangat cepat dibandingkan dengan f/1.8 Samsung. Ini terdengar seperti perubahan kecil tetapi mereka dapat membuat perbedaan besar.

Bukaan yang lebih lebar memberikan foto yang lebih tajam dengan detail yang lebih baik di area gelap sebelum pemrosesan gambar. Apple menggunakan stabilisasi sensor-shift, yang lebih baik daripada memindahkan lensa seperti yang dilakukan Samsung.

Produk iPhone 13 Pro Max memiliki piksel fokus, seperti Samsung, tetapi dapat menggunakan LiDAR sebagai cadangan untuk mengukur jarak dengan cepat dan akurat dalam kondisi sulit. Laser autofocus Galaxy S21 Ultra kurang bisa diandalkan.

Pemrosesan gambar otomatis memainkan peran utama dalam fotografi ponsel cerdas dan dapat meningkatkan foto dalam beberapa kondisi. Bagi penggemar fotografi, biasanya cukup umum beralih ke mode RAW sehingga gambar tidak tersentuh dan dapat disetel secara manual.

Dengan kemajuan teknologi modern, gambar rentang dinamis tinggi, mode malam, binning piksel, dan zoom resolusi super membuat perangkat lunak ini jauh lebih berguna. Idealnya, dimungkinkan untuk melihat pemrosesan default sebagai lapisan di atas file RAW, yang persis seperti yang disediakan oleh format ProRAW Apple. Sejauh ini, Samsung tidak memiliki opsi tersebut.

Meskipun teknologi ini jauh dari andal, namun dapat menghasilkan beberapa simulasi bokeh yang mengesankan. Ketika datang ke kontrol, Apple memilih kesederhanaan, memungkinkan penyesuaian eksposur dan penguncian fokus, tetapi tidak ada yang menghalangi kontrol manual.

Namun, Samsung menyertakan mode Pro yang menyediakan kontrol manual untuk menyesuaikan ISO, aperture, kecepatan rana, keseimbangan warna, dan fokus, seperti halnya kamera DSLR. Samsung Galaxy S21 Ultra adalah smartphone hebat yang memiliki kamera fantastis dan kemampuan zoom luar biasa.

Sebagian besar pengguna lain jarang membutuhkan zoom dengan proses yang begitu lama. Meskipun menyenangkan, itu tidak akan banyak berguna. iPhone 13 Pro Max memiliki lensa yang lebih cepat untuk kamera lebar dan ultra lebar yang paling sering digunakan dan LiDAR untuk fokus yang tajam.

ProRAW Apple memungkinkan pengguna memperbaiki gambar yang telah diproses dengan algoritma fotografi komputasional tanpa kehilangan kualitas. Apple iPhone 13 Pro Max adalah smartphone yang lebih baik secara keseluruhan untuk fotografi berkualitas tinggi, dengan gambar yang tajam dan cerah, serta cenderung tidak mengandung gerakan kabur.