Satu Akun WhatsApp Nantinya Bisa Dipakai di Banyak Perangkat
Ilustrasi aplikasi WhatsApp (Image Credit: Mika Baumeister / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak seperti aplikasi pesan instan lainnya, WhatsApp hanya bergantung pada satu nomor telepon sebagai akunnya. Tentunya hal ini sangat membatasi ketika pengguna ingin menggunakan nomor telepon yang sama pada beberapa perangkat.

Namun, WhatsApp diketahui akan membawa sejumlah pembaruan baru pada aplikasinya. Seperti dikutip dari WABetaInfo, versi Beta dari aplikasi ini memungkinkan penggunaan satu akun WhatsApp untuk beberapa perangkat sekaligus.

"WhatsApp sedang menguji kemungkinan untuk terhubung dengan empat perangkat, dan fitur ini masih dalam pengembangan. Sementara itu, WhatsApp bekerja untuk membuat UI untuk mengelola semua perangkat Linked," ungkap WABetainfo, Selasa, 28 Juli.

Ujicoba fitur WhatsApp (dok. WABetainfo)

Berdasarkan tangkapan layar pada situs WABetaInfo, WhatsApp menyematkan opsi Linked Devices pada ikon pengaturannya. Melalui fitur ini, memungkinkan pengguna untuk menautkan banyak perangkat dengan menggunakan satu nomor akun WhatsApp yang sama. 

Kendati terlihat biasa, namun pengoperasian fitur multi-device ini sangat dibutuhkan pengguna WhatsApp. Apalagi jika penggunanya memiliki banyak perangkat tanpa harus mengganti nomor akun yang berbeda. 

WhatsApp memang tengah gencar meluncurkan sejumlah fitur baru baik di perangkat ponsel maupun versi web atau desktop. Namun fitur-fitur ini masih diujicoba sebelum akhirnya dirilis secara global. 

Fitur Linked Device di WhatsApp (dok. WABetainfo)

"Fitur ini belum tersedia dan belum ada tanggal peluncuran: itu bisa saja dalam dua bulan, empat bulan, enam bulan. Tapi ini sangat positif bahwa WhatsApp mulai mencobanya secara keseluruhan," tulis WABetainfo.

Sebelumnya diberitakan, pembaruan aplikasi WhatsApp juga telah mendukung fitur panggilan grup video call hingga delapan orang sekaligus. Pembaruan aplikasi dan fitur WhatsApp ini akan hadir pada versi 2.20.196 mendatang.