Nggak Lagi Iri, Pengguna Android Bakal Bisa Transfer Riwayat Chat WhatsApp ke iOS
Pengguna Android sebentar lagi dapat mentransfer riwayat obrolan WhatsApp mereka ke iOS. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna Android sebentar lagi dapat mentransfer riwayat obrolan WhatsApp mereka ke iOS. Aplikasi milik Mark Zuckerberg itu tampaknya saat ini membuat perangkat Android melakukan hal yang sama dengan iOS.

Pertama kali dilaporkan WABetaInfo, fitur ini terlihat di WhatsApp versi beta terbaru 22.2.74 untuk iOS, dan tampaknya menguatkan penemuan WABetaInfo sebelumnya dalam versi beta 2.21.20.11 untuk Android.

Kedua pembaruan tersebut mengarah ke fitur yang memungkinkan pengguna mentransfer obrolan WhatsApp dari Android ke iOS menggunakan aplikasi Move to iOS. Namun, pengguna harus memiliki sistem operasi teranyar, Android 12.

Lebih lanjut, versi 2.21.20.11 WhatsApp untuk Android juga memiliki data baru yang menunjukkan bahwa aplikasi tersebut bekerja untuk mengimplementasikan fitur ini di kedua versi.

Sebab, log perubahannya menunjukkan bahwa aplikasi Move to iOS akan diperlukan untuk menyelesaikan migrasi dari satu operasi sistem ke yang lain. WABetaInfo juga membagikan beberapa tangkapan layar yang menunjukkan seperti apa tampilan fitur tersebut.

Dilihat dari gambar di bawah ini, tampaknya WhatsApp akan meminta izin sebelum memulai proses transfer, dan kemudian akan menginstruksikan pengguna untuk tetap membuka aplikasi dan ponsel tidak boleh terkunci saat memigrasikan riwayat obrolan.

Sebelumnya diwartakan The Verge, Senin, 24 Januari, WhatsApp pertama kali telah mengizinkan pengguna memigrasikan riwayat obrolan mereka dari iOS ke ponsel Android pada bulan September, dan kemudian memperluas fitur tersebut untuk mendukung transfer obrolan dari iOS ke Google Pixels dan perangkat Android 12 lainnya.

Membiarkan pengguna mentransfer obrolan mereka dari Android ke iOS akan menutup kesenjangan antar perangkat, tetapi masih belum jelas perangkat mana yang akan mendukung fitur tersebut, serta kapan itu akan mulai diluncurkan.

Selain fitur transfer riwayat obrolan, fitur lain yang tidak sabar untuk dimanfaatkan sepenuhnya oleh pengguna adalah dukungan multi-device, yang telah dimiliki Telegram selama bertahun-tahun. Sayangnya, WhatsApp tidak dapat mengimplementasikannya dengan cara yang sama.

Saat ini, pengguna dapat memanfaatkan dukungan multi-device sebagai fitur beta publik di WhatsApp untuk Desktop, Web, dan Portal. Ke depannya, aplikasi berencana untuk membuat versi 2.0 yang membawa lebih banyak fungsi ke dukungan multi-device, seperti aplikasi iPad mandiri.