Makin Permudah Pengguna, Kini Kamu Bisa Pakai WhatsApp dari Empat Perangkat Sekaligus
Fitur baru WhatsApp (WA Beta Info)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah sejak lama WhatsApp ingin mengembangkan fitur yang membuat akses pengguna lebih gampang. Seperti kita tahu, salah satu kelemahan aplikasi WhatsApp adalah ketidakmampuannya untuk terhubung lewat beberapa perangkat sekaligus. 

Contohnya, jika Anda ingin mengakses WhatsApp dari PC atau laptop, Anda harus mensinkronisasikan kedua platform. Saat ponsel mati, maka WhatsApp pada PC pun tidak bisa diakses. Anda tentu pernah merasakan kesulitan ini, bukan? 

Namun, ke depan, kesulitan tersebut dijamin tak akan ditemui lagi oleh pengguna WhatsApp. Kemarin, WhatsApp mulai merilis fitur anyar yang membuat satu akun bisa terkoneksi ke beberapa gawai sekaligus. Tanpa bergantung pada ponsel maupun nomor telepon yang terdaftar. 

Fitur dukungan multi-perangkat ini sudah tersedia dan bisa diakses oleh seluruh pengguna WhatsApp. Hanya saja, khusus untuk pengguna WhatsApp Beta di iOS atau Android saja. Sementara itu, pengguna WhatsApp Business juga bisa mengakses fitur sejenis. Tapi, juga sama, cuma bisa melalui versi Beta. 

Melalui fitur anyar ini, pengguna bisa mengakses satu akun WhatsApp dari beberapa perangkat sekaligus. Bahkan, saat ponsel tidak terhubung, aplikasi WhatsApp pada laptop atau perangkat lain tetap bisa digunakan. 

Perusahaan menjelaskan bahwa fitur anyar ini tidak mengubah sistem enkripsi. Menurut WhatsApp, pihaknya masih  menerapkan sistem end-to-end. Artinya, pihak ketiga atau WhatsApp sendiri tidak mampu untuk mengakses data pengguna –baik data percakapan maupun data pribadi. 

“Setiap pesan dienkripsi secara mandiri menggunakan sesi enkripsi yang terdapat pada setiap perangkat. Pesan pribadi pengguna juga tidak akan disimpan di server kami setelah dikirimkan,” terang WhatsApp dikutip dari WA Beta Info, Jumat, 16 Juli. 

Di sisi lain, WhatsApp tetap mempertahankan metode pindai kode QR. Menurut perusahaan, hal ini dilakukan demi menjaga keamanan data meskipun terhubung ke beberapa perangkat sekaligus. 

Fitur multi-device login WhatsApp (WABetaInfo)

Cara Mendaftar WhatsApp dan WhatsApp Business versi Beta

Kini, Anda sudah bisa mengakses fitur baru WhatsApp ini. Pasalnya, perusahaan tidak membatasi akun yang bisa mengakses versi beta. Hanya saja, ada beberapa langkah yang perlu Anda lalui agar terdaftar dalam program versi beta ini. 

Merangkum uraian WABetaInfo, berikut ini cara mendaftar WhatsApp dan WhatsApp Business versi Beta agar Anda bisa mengakses berbagai fitur anyar perusahaan:

  1. Buka link berikut ini lewat aplikasi browser Anda: https://play.google.com/apps/testing/com.whatsapp/join
  2. Selanjutnya, jika Anda belum login, maka aplikasi akan meminta untuk login terlebih dulu. Cukup ketikkan akun Gmail serta password  yang terhubung dengan Play Store
  3. Setelah itu, Anda akan melihat halaman undangan untuk menjadi penguji WhatsApp Beta. Ketuk tombol ‘Jadi Penguji’
  4. Jika berhasil, Anda akan melihat pemberitahuan baru dengan judul ‘Selamat datang di program pengujian’
  5. Untuk melanjutkan proses pemasangan versi Beta, ketuk tautan yang tersedia di layar bagian bawah berisi tulisan ‘Download di Google Play’
  6. Terakhir, layar akan menampilkan halaman pengunduhan WhatsApp versi Beta yang terdapat pada aplikasi Play Store. Ketuk ‘Instal’ untuk memasang aplikasi tersebut