Bagikan:

JAKARTA – Aplikasi WhatsApp untuk iPad masih tidak ada kepastian hingga saat ini. Padahal Meta, perusahaan yang menaungi platform pesan instan tersebut, telah menjanjikan kehadiran aplikasinya sejak tahun lalu. 

Kabar mengenai peluncuran WhatsApp versi iPadOS muncul setelah Meta membangun kembali aplikasi WhatsApp untuk macOS. Tak hanya sekadar menjanjikan, Meta juga telah meluncurkan WhatsApp versi Beta di iPad pada September lalu.

Versi beta ini memberikan harapan bagi para pengguna iPad yang sudah menunggu aplikasi WhatsApp asli selama bertahun-tahun. Pasalnya, WhatsApp versi iPhone tidak bisa berjalan di iPad, tidak seperti Instagram, Threads, atau aplikasi Meta lainnya.

Untuk mengetahui apa yang membuat aplikasi ini tertunda selama setahun, 9to5mac mencoba mengakses versi beta dari WhatsApp iPadOS. Tampilan aplikasi menunjukkan bahwa fiturnya masih sama persis dengan iPhone dan belum mengalami perubahan.

Hal ini menunjukkan bahwa pembuatan aplikasi WhatsApp untuk iPad tidak berjalan dengan baik. Tidak diketahui apakah hal in terjadi karena bug yang sulit disingkirkan atau karena proyek peluncuran WhatsApp versi iPad telah ditunda.

Kemungkinan besar, Meta memang menunda pembuatan aplikasi WhatsApp asli untuk iPad. Hal ini tidak begitu mengejutkan karena aplikasi di bawah naungan Meta selalu memiliki rekam jejak yang buruk di iPad, termasuk Facebook dan Instagram.

Dari banyaknya aplikasi milik Meta, hanya Facebook yang memiliki aplikasi asli di iPadOS. Meski bisa berjalan dengan baik di perangkat tersebut, platform ini sudah tidak menerima pembaruan selama bertahun-tahun. 

Kepala Instagram Adam Mosseri pun pernah mengungkapkan bahwa iPad bukan perangkat prioritas dari Meta. Dengan begitu, tidak bisa dipastikan kapan WhatsApp akan dirilis di iPad. Pengguna hanya bisa menunggu tanpa adanya kepastian