Mengenal Apa Itu Samsung Knox dan Keunggulannya
Ilustrasi Samsung Knox (VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apa itu Samsung Knox jadi salah satu informasi yang perlu diketahui, terumata jika Anda merupakan pengguna ponsel pintar pabrikan Korea Selatan tersebut.

Istilah Samsung Knox sendiri secara sederhana merupakan istilah yang dikaitkan dengan sistem keamanan ponsel. Pengguna smartphone Samsung Galaxy temtu sering menjumpai informasi yang bertuliskan “Secured by Knox” yang muncul sesaat setelah ponsel dinyalakan. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Apa Itu Samsung Knox

Secara sederhana, Samsung Knox adalah serangkaian sistem keamanan yang terpasang di perangkat Samsung Galaxy. Platform ini dikenalkan oleh Samsung pertama kali pada 2013 untuk melindungi data di semua perangkat Galaxy, khususnya bagi pengguna bisnis.

Dalam perangkat tersebut, Knox akan membantu melindungi data sensitif pengguna yang tersimpan di ponsel seperti kata sandi, Informasi pembayaran, hingga biometrik, dari tindak peretasan.

Keberadaan Samsung Knox pada ponsel memang menjadikan keamanan dan privasi makin terjaga. Pengguna juga mempunyao visibilitas untuk menentukan siapa yang punya akses terhadap datanya serta bagaimana data itu dimanfaatkan. Tak sampai situ, Samsung Knox juga dapat memungkinkan pengguna ponsel Samsung Galaxy mengetahui ketika datanya terancam.

Pada dasarnya Knox ada pada sebagian besar ponsel yang dirilis beberapa tahun terakhir, termasuk pada ponsel mid-range seperti Galaxy A. Sedangkan pada smartphone high-end atau kelas atas, perusahaan membekali Knox yang lebih canggih dibanding Knox yang ada di smartphone mid-range dengan nama Knox Vault.

Knox biasa dan Knox biasa memiliki perbedaan. Knox Vault akan mengisolasi perangkat lunak (sistem operasi) dan perangkat keras ponsel. Knox Vault sendiri tersedia di beberapa ponsel seri Galaxy S baru seperti Galaxy S21 maupun Galaxy S22 Series 5G. Selain ponsel, Knox Fault juga tersedia di perangkat tablet yakni Galaxy Tab S8.

Keunggulan Samsung Knox

Samsung menghadirkan Knox di versi Galaxy dengan berbagai kelebihan yang akan dirasakan oleh pengguna yakni sebagai berikut.

  1. Melindungi Perangkat Keras

Harus disadari bahwa saat ini banyak virus maupun peretas yang menargetkan piranti keras pada ponsel. Serangan tersebut akan menyebabkan kegagalan fungsi. Demi menghindari hal tersebut, Samsung Knox menerapkan sistem proteksi berlapis sehingga serangan tersebut bisa diredam. Samsung Knox juga mampu melindungi root pada piranti keras tempat data penting disimpan.

  1. Perlindungan Kernel Secara Real-Time

Seperti diketahui, perangkat seluler bisa dipastikan aktif selama 24 jam setiap hari. Hal itu membuat ponsel tidak memiliki kesempatan menjalankan proteksi dari secure boot yang hanya muncul ketika proses pemuatan sistem dimulai.

Samsung Knox sendiri mampu memonitor kernel atau perangkat lunak bawaan yang biasanya berada di sistem operasi Android. Kernel ini juga jadi sasaran serangan. Real-time Kernel Protection (RKP) pada Samsung Knox akan memblokir aktivitas  modifikasi kernel ilegal.

  1. Pembaruan Keamanan Lebih Lama

Pembaruan keamanan sering dilakukan. Namun dengan adanya Samsung Knox pembaruan tersebut jadi lebih jarang dilakukan meski perangkat ponsel maupun jam pintar usianya telah usang. Pembaruan keamanan yang ditawarkan lewat Samsung Knox pun bergantung pada jenis perangkat. Namun biasanya durasi minimal pembaruan sekitar empat atau lima tahun. Bahkan Samsung perpanjang security update Android di Galaxy lawas hingga empat tahun.

Itulah informasi terkait apa itu Samsung Knox. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.