Bagikan:

JAKARTA - Samsung telah mengonfirmasi  bahwa mereka akan beralih ke Google Messages sebagai aplikasi pesan default pada ponsel mereka. Langkah ini diambil untuk "mempercepat adopsi" RCS (Rich Communication Services) dan untuk memberikan pengalaman pesan yang "lebih kokoh dan menarik."

Perusahaan asal Korea Selatan itu baru-baru ini memberitahukan pemilik ponsel Galaxy bahwa mereka akan menghapus Samsung Messages sebagai aplikasi pesan bawaan pada perangkat mereka, dimulai dengan Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6. Sebagai gantinya, Samsung akan memuat Google Messages pada ponsel-ponsel ini dan ponsel mendatang.

Samsung menjelaskan bahwa keputusan ini merupakan hasil dari kerja sama erat antara Samsung dan Google dalam berbagai layanan komunikasi. "Kolaborasi ini untuk menjadikan Google Messages sebagai platform pesan umum default untuk ekosistem mobile Android akan mempercepat adopsi RCS dan memberikan pengalaman pesan mobile yang lebih kokoh dan menarik kepada pengguna Galaxy," kata juru bicara Samsung dikutip VOI dari Android Authority. .

Saat ini, peralihan ini hanya berlaku di Amerika Serikat, di mana rincian lebih lanjut yang akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang. RCS adalah penerus standar SMS, memungkinkan pengiriman dan penerimaan pesan melalui internet. RCS juga menawarkan berbagi media berkualitas tinggi, catatan suara, indikator pengetikan, dan lainnya. Meskipun begitu, tidak jelas bagaimana peralihan Samsung ke Google Messages akan meningkatkan penggunaan dan adopsi RCS.

Google Messages mendukung fungsi RCS terlepas dari operator seluler, sedangkan dukungan RCS di Samsung Messages tampaknya bergantung pada jaringan seluler. Jadi, mengadopsi Google Messages bisa membuat pendekatan yang lebih terintegrasi dan intuitif bagi konsumen yang ingin menggunakan standar pesan generasi baru ini.

Saat ini, Google Messages tertinggal dibandingkan Samsung Messages dalam hal pengiriman/penerimaan gambar melalui RCS. Aplikasi pesan Samsung dapat mengirim gambar tanpa kompresi melalui RCS, sementara aplikasi pesan Google banyak mengompresi gambar. Namun, Google sedang bekerja pada solusi untuk masalah ini.

Penting untuk dicatat bahwa pemilik ponsel Galaxy yang sudah menggunakan Samsung Messages masih dapat terus menggunakan aplikasi pesan Samsung. Samsung juga menyatakan bahwa mereka akan tetap membiarkan pengguna mengunduh Samsung Messages melalui Galaxy Store jika mereka ingin terus menggunakannya. Meskipun demikian, perusahaan jelas menempatkan fokusnya pada Google Messages.

Samsung tampaknya berkomitmen untuk memanfaatkan Google Messages dalam upaya memperluas adopsi RCS dan meningkatkan pengalaman komunikasi mobile bagi penggunanya.