OpenAI Buka Kemitraan Data dengan Siapapun untuk Melatih Model AI nya
OpenAI buka kerja sama untuk melatih model AI (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan di balik ChatGPT, OpenAI memperkenalkan OpenAI Data Partnerships, sebuah kerja sama dengan organisasi untuk menghasilkan kumpulan data publik dan pribadi untuk melatih model kecerdasan buatan (AI).

"Untuk mewujudkan AGI yang aman dan bermanfaat bagi seluruh umat manusia, kami ingin model AI memahami secara mendalam semua materi pelajaran, industri, budaya, dan bahasa, sehingga memerlukan kumpulan data pelatihan seluas mungkin," tulis perusahaan dalam pengumuman di situs resminya, dikutip Jumat, 10 November. 

Perusahaan mengaku telah melakukan banyak kemitraan, salah satunya adalah dengan Pemerintah Islandia untuk meningkatkan kemampuan GPT-4 dalam berbicara bahasa Islandia dengan mengintegrasikan kumpulan data pilihan mereka. 

"Kami juga bermitra dengan organisasi nirlaba Free Law Project, yang bertujuan untuk mendemokratisasi akses terhadap pemahaman hukum dengan menyertakan banyak koleksi dokumen hukum mereka dalam pelatihan AI," tambah perusahaan. 

Kemitraan Data dimaksudkan ini akan memungkinkan model AI perusahaan memiliki informasi dan wawasan yang luas, dan memungkinkan lebih banyak organisasi membantu mengarahkan masa depan AI dan mendapatkan manfaat dari model yang lebih berguna.

Dalam kerja sama ini, OpenAI mengatakan tertarik pada kumpulan data berskala besar yang mencerminkan masyarakat manusia dan yang saat ini belum mudah diakses secara online oleh publik, baik dalam bentuk teks, gambar, audio, atau video. 

Cara untuk bermitra dengan OpenAI 

Saat ini OpenAI memiliki dua cara untuk bermitra, dan mungkin akan berkembang di masa mendatang:

Arsip Sumber Terbuka: Artinya, kumpulan data ini dapat dilihat oleh siapa saja untuk digunakan dalam pelatihan model AI.

Kumpulan Data Pribadi: OpenAI juga menyiapkan kumpulan data pribadi untuk melatih model AI berpemilik, termasuk model dasar dan model yang telah disesuaikan dan disesuaikan. 

"Jika Anda memiliki data yang ingin dirahasiakan, namun Anda ingin model AI  kami memiliki pemahaman yang lebih baik tentang domain Anda, inilah cara yang optimal untuk bermitra," pungkasnya. 

OpenAI juga menjanjikan akan memperlakukan data Anda dengan tingkat sensitivitas dan kontrol akses yang Anda inginkan.