Fungsi IMEI pada HP Beserta Cara Ceknya di Ponsel Android & iPhone
Ilustrasi nomor IMEI (erafone)

Bagikan:

YOGYAKARTA – International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor internasional yang terdiri dari 15 digit. Setiap ponsel baik yang bertipe android ataupun iOS pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda satu sama lain. Lantas apa fungsi IMEI pada HP?

Salah satu fungsi IMEI pada HP adalah untuk mengidentifikasi unit atau perangkat yang terhubung ke jaringan seluler.

Fungsi IMEI sangat penting, sebab usai didaftarkan, pengguna perangkat bisa langsung terhubung dengan layanan operator seluler yang ada di Indonesia.

Jika IMEI tidak terdaftar di laman Kementerian Perindustrian (Kemenperin), maka perangkat yang digunakan berpotensi terkena pembatasan akses, gangguan jaringan seluler, atau bahkan diblokir.

Menyadur laman resmi Kominfo, aturan pengendalian IMEI sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Alat dan atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler melalui identifikasi IMEI.

Selain mengidentifikasi perangkat, apa saja fungsi IMEI pada HP? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Fungsi IMEI pada HP

Dikutip VOI dari Tempo, Jumat, 20 Januari 2023, berikut fungsi IMEI pada HP yang jarang diketahui:

1. Mengecek Garansi

Fungsi IMEI pada HP bisa digunakan untuk mengecek masa garansi. Fungsi ini sangat berguna ketika seseorang membeli ponsel baik secara online maupun offline.

Lewat nomor IMEI, seseorang bisa mengecek terlebih dahulu apakah HP yang akan dibeli masih dalam kondisi baru atau tidak.

2. Sebagai Identitas Ponsel

Fungsi IMEI pada HP yang berikutnya yakni bisa digunakan untuk mengetahui identitas ponsel.

Para pengguna telepon genggam dapat memanfaatkan nomor IMEI untuk mencari pejelasan lengkap tentang informasi ponsel secara detail. Caranya yakni dengan membuka situs cek IMEI seperti imei.info

2. Melacak Ponsel yang Hilang

Fungsi IMEI pada HP yang juga tidak kalah penting adalah untuk melacak ponsel yang hilang. Akan tetapi, hal tersebut tidak bisa dilakukan sendirian. Pengguna perangkat harus meminta bantuan kepada pihak provider kartu SIM yang digunakan untuk memblokir nomor HP yang hilang lewat IMEI.

Cara Cek IMEI HP dan Situs Kemenperin

Ilustrasi cek IMEI
Ilustrasi cek IMEI (Samsung)

Cara cek IMEI di ponsel Android, yakni:

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Tentang Ponsel
  • Pilih Status atau Umum
  • Pilih Tentang Perangkat

Sementara langkah-langkah cek IMEI di Iphone, yaitu:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Umum > About
  • Pilih IMEI

Selain cara di atas, Anda juga dapat cek IMEI dengan cara menekan dial *#06#. Secara otomatis nomor IMEI Anda akan muncul.

Nomor IMEI juga terdapat pada kardus HP bagian belakang. Namun, jika Anda membeli hp bekas, Anda harus lebih teliti mengecek nomor IMEI-nya, sama tidak dengan nomor yang tercantum di HP.

Setelah Anda mengetahui nomor IMEI ponsel Anda, Anda dapat mengecek legalitas ponsel Anda. Ponsel yang resmi atau legal berarti IMEI-nya terdaftar.

Jika Anda ingin mengecek IMEI Anda terdaftar atau tidak, Anda dapat mengunjungi website Kemenperin. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka website imei.kemenperin.go.id
  • Masukkan 15 digit nomor IMEI Anda di kolom yang tersedia.
  • Jika terdaftar, akan muncul tampilan "IMEI terdaftar di database Kemenperin". Berarti ponsel Anda legal.
  • Jika tidak terdaftar, akan muncul tampilan "IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin." Berarti ponsel Anda ilegal.

Demikian informasi tentang fungsi IMEI pada HP dan cara ceknya di ponsel Android dan iPhone. Semoga bermanfaat!