Apple Tak Lagi Tertarik Bawa Touch ID ke iPhone Terbarunya
Apple dilaporkan tidak akan membawa kembali fitur Touch ID (foto: Pinho / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apple dilaporkan tidak akan membawa kembali fitur Touch ID-nya untuk iPhone keluaran terbaru dalam waktu dekat. Artinya, Face ID masih menjadi sistem keamanan yang diandalkan perusahaan.

Laporan terbaru dari jurnalis Bloomberg, Mark Gurman mengatakan, Apple sebenarnya telah menguji Touch ID di layar untuk iPhone-nya, dan mempertimbangkan untuk menambahka fitur tersebut ke tombol daya, mirip dengan iPad Air dan iPad Mini.

Namun, menurut Gurman, kedua rencana itu tidak akan terlaksana dalam waktu dekat. Pasalnya, Apple tidak terlalu tertarik untuk membawa kembali sistem otentikasi berbasis sidik jari tersebut ke model andalannya atau yang terbaru.

Sayangnya, Gurman tidak merinci alasan yang menyebabkan Apple melakukan pembatalan pemasangan Touch ID itu, tidak dapat disangkal topik seperti ini telah memanas selama beberapa tahun terakhir.

Sebab melansir Slashgear, Selasa, 4 Oktober, selama pandemi COVID-19 masih berlangsung dan banyak orang-orang menggunakan masker, Apple jadi lebih tertarik mengembangkan sistem pengenalan wajahnya atau Face ID agar dapat berfungsi bahkan saat penggunanya menggunakan masker.

Meski begitu, sebagian besar pengguna iPhone mengharapkan Apple membawa kembali Touch ID ke salah satu smartphone andalannya di masa depan.

Namun, untuk mereka yang masih tertarik menggunakan Touch ID, mereka bisa menggunakannya di iPad Air, iPad Mini atau iPhone SE generasi kedua yang baru saja diluncurkan.

Touch ID pertama kali muncul di iPhone 5s dan terus digunakan pada semua model iPhone yang diluncurkan hingga 2016. Tetapi, pada 2017, pertemuan iPhone dengan Touch ID tiba-tiba berakhir ketika Apple memperkenalkan iPhone X dan berganti dengan Face ID.