Roskomnadzor Blokir Aplikasi <i>Streaming</i> SoundCloud karena Dianggap Sebarkan Kebohongan
Aplikasi SoundCloud diblokir di Rusia. (foto: twitter @soundcloud)

Bagikan:

JAKARTA –Rusia terus melakukan pemblokiran dan mencekal berbagai aplikasi milik perusahaan Barat yang tidak sejalan dengan kebijakan mereka. Terutama setelah invasi ke Ukraina.

Pemerintah Rusia pun telah membatasi akses ke aplikasi streaming musik SoundCloud dengan alasan penyebaran "informasi palsu",  tentang apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina. Pembatasan akses ini dilaporkan pertama kali oleh kantor berita Interfax pada Minggu, 2 Oktober yang mengutip pengawas komunikasi Roskomnadzor (RKN).

Rusia telah berjuang melawan perusahaan teknologi besar untuk mengendalikan arus informasi setelah mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari. Mereka sudah memperlambat layanan Twitter dan melarang Facebook dan Instagram dari Meta Platform Inc., untuk beroperasi di negaranya.

"Roskomnadzor membatasi akses ke layanan SoundCloud sehubungan dengan penempatan materi yang berisi informasi palsu mengenai sifat operasi militer khusus di wilayah Ukraina," kata Interfax mengutip RKN.

Menurut laporan itu akses ke layanan itu diblokir atas perintah Kantor Kejaksaan Agung Rusia. Mereka juga menambahkan bahwa informasi tersebut terkait dengan bentuk operasi khusus dan metode perang termasuk "serangan terhadap warga sipil, serangan terhadap infrastruktur sipil, tentang banyak korban sipil di tangan tentara Rusia".

Rusia selama ini terus menutup akses media sosial ke rakyatnya dan mendorong aplikasi lokal untuk lebih dominasi. Namun hal ini mendapat balasan dari Apple saat memblokir aplikasi milik VK di toko aplikasi App Store.