Paus Fransiskus Bertemu Tim Cook, Banyak Kritik Muncul karena Selama Ini Anjurkan Pembatasan Penggunaan Ponsel
Pus Fransiskus ajarkan umat untuk batasi penggunaan ponsel. (foto: twitter @pontifex)

Bagikan:

JAKARTA – Pemimpin tertinggi umat Katolik di dunia, Paus Fransiskus, selama ini sering mengajarkan orang harus membatasi penggunaan ponsel dan umat juga harus mengutamakan komunikasi pribadi. Namun sikap itu agak berbeda saat ia memberikan kesempatan audiensi pribadi pada Senin, 3 Oktober, kepada Kepala Eksekutif Apple, Tim Cook.

Cook, kepala perusahaan senilai 2,4 triliun dolar AS yang produk iPhone-nya telah merevolusi komunikasi pribadi, ada dalam daftar audiens harian paus. Seperti biasa, Vatikan tidak mengungkapkan apa yang dibahas selama percakapan pribadi tersebut.

Paus berusia 85 tahun itu memiliki hubungan campuran dengan ponsel. Tahun lalu, dia menginterupsi audiensi umum ketika seorang ajudannya memberikannya sebuah ponsel dan menerima telepon darurat dari seorang pejabat senior Vatikan.

Dia pun sering dengan sabar mengizinkan orang untuk berfoto selfie dengannya. Tapi dia juga secara teratur memperingatkan orang agar tidak menjadi budak ponsel dan bentuk teknologi lainnya.

"Bebaskan diri Anda dari kecanduan ponsel," katanya kepada kaum muda pada tahun 2019, seperti dikutip Reuters. "Ketika Anda menjadi budak ponsel Anda, Anda kehilangan kebebasan Anda."

Pada kesempatan lain, dia mengatakan sangat menyedihkan bahwa orang-orang menggunakan ponsel mereka di meja makan atau saat menghadiri Misa. Namun pertemuannya dengan Cook yang sejak lama mendeklarasikan diri sebagai penyuka sesama jenis, justru membuat kontroversi ini.

Paus oleh para pengkritisi dianggap tidak konsisten dengan himbauannya, tentang  ponsel bagi kehidupan umat manusia.

Terkait