Bagikan:

JAKARTA - Telegram meluncurkan beberapa fitur baru ke Telegram Bisnis, untuk memudahkan pengguna untuk mengatur percakapan mereka dengan para pelanggannya.

Adapun fitur pertama yang dirilis adalah fitur yang memungkinkan pengguna Telegram untuk dapat mengonversi profil mereka menjadi halaman bisnis, dan menambahkan lokasi dan jam kerja perusahaan mereka.

Kedua, Telegram juga menghadirkan fitur greeting message, di mana akun bisnis kini dapat menulis template salam mereka, dan langsung dikirimkan kepada pengguna yang pertama kali menghubungi mereka secara otomatis.

Pesan otomatis ini akan mendukung berbagai pemformatan termasuk teks, media, dan file – dan dapat berisi banyak pesan.

Selanjutnya, ada juga away message. Dengan fitur ini, pengguna Telegram Bisnis dapat mengatur pesan agar dibalas secara otomatis saat mereka tutup atau sedang berlibur.

Terakhir, ada fitur quick replies, di mana pengguna Telegram Bisnis dapat membuat respons prasetel untuk mengirim satu atau lebih pesan dengan perintah sederhana di obrolan apa pun.

Semua fitur Telegram Bisnis saat ini sudah tersedia secara gratis untuk semua pengguna Premium.

CEO Telegram Pavel Durov mengatakan dalam salurannya di Telegram bahwa peluncuran fitur-fitur ini hanyalah permulaan. Ia berjanji akan meluncurkan lebih banyak fitur untuk Telegram Business bulan ini.

“Itu baru permulaan - kami mengirimkan lebih banyak fitur Telegram Bisnis bulan ini. Salah satu fitur ini akan merevolusi cara orang berinteraksi dengan chatbots,” kata Durov, dikutip Selasa, 12 Maret.