Google Hapus Fitur yang Sangat Berguna Ini di Assistant
Google Assistant hapus sejumlah fitur. (foto: dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google Assistant memang layak dijuluki sebagai asisten pintar bagi manusia, bagaimana tidak, ia memiliki fitur pengingat berbasis lokasi. Sayangnya, fitur tersebut tak lagi tersedia.

Bagi yang belum mengetahui, fitur pengingat berbasis lokasi ini memungkinkan pengguna menentukan lokasi, sehingga mereka bisa mendapatkan peringatan ketika mereka tiba di mana pun itu.

Misalnya, pengguna dapat mengatakan "Ingatkan saya untuk menelepon (nama teman mereka) di Jakarta," dan Google Assistant akan mengirimi mereka pemberitahuan ketika mereka menginjakkan kaki di kota tersebut.

Namun sayang, bagi pengguna yang mengandalkan fitur tersebut, Google dilaporkan akan segera menghapusnya. Di halaman Assistant Help, Google menambahkan baris yang mengatakan, "Opsi untuk membuat pengingat untuk lokasi tertentu akan segera dihentikan."

Sebenarnya, raksasa teknologi asal Mountain View, California, AS itu tertinggal di belakang Apple dan Amazon dalam memperkenalkan fitur tersebut dan pertama kali mengumumkan kemampuan untuk mengatur pengingat berbasis lokasi melalui perangkat Google Home pada 2018.

Menurut 9to5Google, penghapusan fitur tersebut baru saja diinformasikan Google ketika pengguna akan mengatur pengingat dengan lokasi.

Tetapi, Google tidak menyebutkan alasannya, dan hanya merekomendasikan pengaturan pengingat pada waktu tertentu atau pengaturan rutinitas untuk suatu lokasi. Pengguna juga diberi kemampuan untuk meminta Google Assistant melakukan serangkaian tugas yang dipicu berdasarkan di mana mereka berada.

Google tidak memiliki tanggal pasti kapam penghapusan fitur tersebut, tetapi 9to5Google mengatakan itu bisa menjadi bagian dari upaya perusahaan untuk memberi jalan bagi peningkatan Memori yang telah lama ditunggu-tunggu untuk Google Assistant.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mengubah asisten suara menjadi pengatur yang praktis, memungkinkan pengguna menyimpan konten, gambar, pengingat, dan item lainnya di satu tempat yang memiliki fungsi pencarian cerdas. Demikian dikutip dari Engadget, Jumat, 3 Juni.