Ini Cara Menghilangkan “Halo Google” Saat Gunakan <i> Google Assistant</i>
Cara cepat menghilangkan kata Halo Google bisa diatur lebih cepat. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Google Assistant sekarang memungkinkan pengguna ponsel Android untuk melewati sapaan 'Hai Google' yang biasa dalam beberapa kasus. Dikenal sebagai Frasa Cepat, kemampuan ini dirancang untuk bekerja dengan panggilan telepon dan alarm, dua hal yang peka terhadap waktu dan dapat mengambil manfaat dari cara yang lebih cepat untuk memberi tahu telepon apa yang harus dilakukan.

Berikut cara kerjanya dan cara mengaktifkan fitur tersebut.

Asisten Google, tentu saja, ada di sebagian besar ponsel Android, bersama dengan beberapa speaker pintar, dan jam tangan pintar. Pembantu pribadi virtual ini dapat menambahkan pengingat, memberikan pembaruan cuaca, membaca berita, dan banyak lagi.

Untuk membangunkan Google Assistant, ini biasanya frasa 'Oke Google' atau 'Hai Google' diperlukan. Itu biasanya tidak mengganggu kecuali ada beberapa interaksi singkat yang membuatnya tampak seperti frasa bangun yang diucapkan berulang-ulang.

Dengan Frasa Cepat Google Assistant, menghentikan alarm semudah mengucapkan perintah 'berhenti', tanpa perlu mengucapkan frasa bangun terlebih dahulu.

Dengan cara yang sama, menjawab panggilan telepon dapat dilakukan dengan mengatakan 'jawab', membuatnya lebih cepat untuk beralih ke panggilan handsfree tanpa perlu membangunkan Asisten dengan 'Oke Google' atau 'Hai Google.'

Fitur ini dapat diaktifkan di pengaturan Asisten Google meskipun akses mungkin bergantung pada versi aplikasi Android dan Google, menurut XDA-Developers.

Untuk mempercepat kontrol panggilan telepon dan alarm dengan Frasa Cepat Asisten Google, itu harus diaktifkan di pengaturan. Opsi ini dapat ditemukan dengan membuka aplikasi Pengaturan, mengetik 'Asisten' di bidang pencarian, lalu mengetuk Pengaturan Asisten. Karena daftar Pengaturan Asisten cenderung dalam urutan abjad, pengguna perlu menggulir ke bawah ke Frasa Cepat.

Jika opsi tersebut tidak muncul dalam daftar, kemungkinan fitur tersebut belum tersedia di perangkat Android. Di bagian Frasa Cepat, dua sakelar dapat dilihat, satu untuk alarm dan pengatur waktu, dan satu untuk panggilan masuk, yang keduanya perlu diaktifkan agar fitur berfungsi dengan alarm dan panggilan.

Saat ada panggilan telepon masuk, mengatakan 'Jawab' atau 'Tolak' akan memicu Google Assistant untuk mengangkat atau mengirim penelepon ke pesan suara, sesuai dengan perintah yang diucapkan.

Saat alarm atau timer berbunyi, mengucapkan 'Stop' atau 'Snooze' akan mengakhiri suara. Saat menunda alarm, alarm akan berbunyi lagi sepuluh menit kemudian, sementara pengatur waktu akan menanyakan berapa banyak waktu yang harus ditambahkan sebelum berbunyi lagi.

Sebagian besar nilai berinteraksi dengan Google Assistant berasal dari penggunaan hands-free dan ada banyak waktu ketika mematikan alarm atau timer tanpa menyentuh telepon akan berguna.

Opsi panggilan telepon paling berguna saat mengenakan headset Bluetooth, membuatnya mudah untuk menjawab dengan cepat dengan satu kata atau menutup panggilan saat bukan saat yang tepat untuk berbicara. Frasa Cepat menjadikan Asisten Google lebih pintar dan lebih berguna.