Anti Bosan! Deretan Cara Mudah Ubah Suara Google Assistant, John Legend dan Issa Rae Pun Bisa Ditiru
Ilustrasi-Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Google Assistant merupakan asisten virtual yang dapat berperan laiknya asisten di dunia nyata. Anda bisa memerintahnya hanya dengan lewat suara, kemudian ia akan membalas perintah Anda dengan suara juga.
 
Perangkat lunak pintar ini diciptakan Google untuk bersaing sekaligus mengalahkan pasar Amazon Alexa dan Apple Siri. Google Assistant diklaim dapat berbuat lebih banyak dibanding pesaingnya.
 
Mulanya, Google Assistant tiba untuk pengguna ponsel Android lebih dahulu, dan sekarang tersedia di berbagai perangkat, termasuk speaker Google Nest, Chromebook, dan tablet Android.
 
Asisten pintar dapat melakukan berbagai tugas dengan menjawab banyak pertanyaan umum seperti mainkan musik, podcast, mencari informasi cuaca, menelpon seseorang di kontak Anda saat diminta, mengotomatisasi peralatan rumah pintar dan membantu Anda menemukan tempat makan terbaik.
 

 
Namun terlepas dari semua yang dapat dilakukan, suara yang muncul dari Google Assistant bisa menjadi sedikit membosankan. Untungnya, sekarang Google memungkinkan Anda untuk mengubah suara asisten virtual Anda tersebut. Berikut cara praktis mengubah suara Google Assistant yang dikutip dari Digital Trends, Sabtu, 27 November.

Cara Mengubah Suara Google Assistant

1. Buka aplikasi Google Home di ponsel cerdas atau tablet Anda. Pilih ikon Pengaturan di menu utama.
 
2. Jika Anda lebih suka membukanya dengan perintah suara, Anda juga dapat mengucapkan "Hai Google, buka pengaturan Assistant", dan ponsel atau tablet Anda akan otomatis menampilkan layar Pengaturan dalam aplikasi Google Home.
 
3. Di Pengaturan, gulir hingga Anda mencapai bagian Google Assistant, lalu pilih opsi Pengaturan Lainnya. Di layar berikutnya, lihat menu atas dan pilih Assistant untuk mendapatkan akses ke opsi yang benar.
 
4. Sekarang pilih suara Assistant di menu. Anda kemudian akan masuk ke menu menarik dari berbagai ikon berwarna yang dapat Anda geser. Pilih warna apa saja dan Anda dapat mendengarkan sampel suara.
 
5. Di sini, Anda akan menemukan aksen yang berbeda serta suara pria dan wanita, jadi gulir terus sampai Anda menemukan yang benar-benar Anda sukai. Itu akan otomatis tersimpan, dan Anda kemudian hanya perlu menutup aplikasi. Nantinya, Google Assistant akan terus menggunakan suara yang telah Anda pilih.

Cara Merubah Google Assistant Jadi Suara Selebriti

Tahukah Anda, ternyata Google Assistant juga memiliki opsi untuk merubahnya menjadi suara selebriti, memberi Anda beberapa opsi yang sangat unik untuk asisten suara Anda.
 
Ini adalah opsi terbaik terutama bagi mereka yang bosan dengan suara lama yang sama dan mencari perubahan. Rentang suara selebriti yang tersedia terus bertambah, tetapi opsi populer saat ini termasuk John Legend dan Issa Rae.
 
Jika Anda menelusuri opsi suara Google Home, Anda akan menemukan bahwa ada opsi suara selebriti yang dapat Anda gunakan, tetapi Anda tidak perlu mengaktifkannya dari menu itu.
 
Anda hanya perlu mengatakan, "Hai Google, bicara seperti John Legend," atau siapa pun yang Anda suka, dan asisten suara akan memanggil Anda dengan suara itu sampai Anda mengatakan sebaliknya.

Cara Mengubah Bahasa Google Assistant

1. Tentu saja ini perlu menggunakan ponsel cerdas atau tablet Anda, buka aplikasi Google Home. Buka ikon Pengaturan di halaman beranda.
 
2. Gulir hingga Anda mencapai menu Google Assistant dan kemudian cari opsi yang mengatakan Pengaturan Lainnya. Di layar berikutnya, ketuk Suara, lalu ketuk Bahasa.
 
3. Di bagian Google Assistant, pilih opsi Bahasa. Kemudian ubah bahasa utama yang digunakan Assistant dengan Pilih bahasa baru, atau Anda dapat menambahkan bahasa kedua ke Google Assistant selain bahasa utama dengan Tambahkan bahasa. Bahasa yang tersedia untuk perangkat pintar termasuk Jerman, Prancis, Italia, Jepang, Spanyol, Belanda, Indonesia, Norwegia, Swedia, dan banyak lagi.
 
4. Harap diingat bahwa bahasa yang tersedia di perangkat Anda dapat bervariasi berdasarkan perangkat yang Anda miliki dan wilayah tempat Anda berada. Anda harus memeriksa pengaturan untuk mengetahui secara spesifik apa yang tersedia untuk Anda.

Cara Mengubah Kecepatan Bicara Google Assistant

Jika Anda menemukan bahwa Asisten Google berbicara kepada Anda sedikit terlalu cepat atau lambat, ada cara mudah untuk mengurangi atau meningkatkan kecepatan bicara.
 
1. Buka Google Assistant di ponsel atau tablet Android, ketuk ikon Pengaturan.
 
2. Ketuk Aksesibilitas, lalu klik Text-to-speech.
 
3. Anda akan melihat penggeser kecepatan bicara di layar berikutnya yang dapat Anda geser ke kiri dan kanan. Geser ke kiri untuk mengurangi kecepatan dan kanan untuk meningkatkan. Untuk melihat pratinjau kecepatan baru suara, tekan tombol Play.