Didukung Google Assistant, Gemini Bisa Jalankan Perintah dengan Suara
Google Assistant di Gemini/DOK Google

Bagikan:

JAKARTA – Setelah Bard berganti nama menjadi Gemini, aplikasi chatbot tersebut bisa menjalankan beberapa fitur dari Google Assistant. Ada enam fitur yang bisa dirasakan penggunanya.

Dari halaman Bantuan Aplikasi Gemini, perangkat lunak ini bisa membuat atau mengatur alarm dan pengatur waktu, menelepon, mengirim pesan, dan membaca pesan masuk, serta mengontrol perangkat untuk menyalakan fitur bawaan seperti Bluetooth.

Selain itu, aplikasi Gemini juga bisa digunakan untuk mengontrol lampu, keamanan rumah, dan menyalakan perangkat home smart. Khusus untuk Pixel 8, perangkat lunak ini bisa digunakan untuk membaca halaman web dan bantuan terkait Pixel.

Dengan dukungan Google Assistant, seluruh fitur tersebut bisa dikerjakan dengan perintah suara. Pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur tindakan suara dan mengatakan Hai Google hingga Gemini merespons. Perintah yang diminta akan langsung dikerjakan.

Untuk mengaktifkan fitur Google Assistant, buka aplikasi Gemini terlebih dahulu. Setelah itu, ketuk Gambar Profil atau Inisial, klik Setelan, lalu klik fitur Asisten Google di Gemini. Selanjutnya, pilih pengaturan yang ingin Anda ubah.

Perlu diingat, kolaborasi Gemini dan Assistant ini masih menghadirkan fitur yang terbatas. Ada beberapa perintah yang tidak bisa Anda lakukan dengan menggunakan Gemini, di antaranya memutar podcast, stasiun berita, radio, atau aplikasi penyedia musik.

Selain itu, Gemini tidak mendukung fitur Memulai Rutinitas, Pengingat, dan Mode Penerjemah. Jika pengguna ingin mengaktifkan atau membuka fitur-fitur tersebut dengan cara yang cepat, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi Google Assistant biasa.