Begini Cara Mengatasi Siri yang Bermasalah di iPhone
DOK Apple

Bagikan:

JAKARTA - Siri merupakan asisten pribadi yang ditambahkan ke berbagai perangkat buatan Apple, salah satunya iPhone. Siri sangat berguna untuk mengoperasikan perangkat lunak secara cepat.

Beberapa fitur dari asisten pribadi ini bisa mempermudah aktivitas penggunanya. Karena itu, Siri yang tidak berfungsi secara maksimal atau tidak bisa digunakan akan sangat mengganggu dan menghambat aktivitas para pengguna iPhone.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena beberapa masalah pada Siri masih bisa ditangani dengan cara yang mudah. Berikut ini beberapa masalah umum dari asisten Apple beserta cara penyelesaiannya, mengutip dari Makeuseof.

Siri Tidak Merespons Saat Diaktifkan

Asisten pribadi ini seharusnya aktif jika pengguna menekan tombol Samping di iPhone X atau perangkat yang lebih baru. Jika Siri tak kunjung muncul, ada kemungkinan perangkat lunak tersebut memang dinonaktifkan dari sistem Pengaturan.

Agar Siri kembali memberikan respons, Anda harus membuka Pengaturan terlebih dahulu. Setelah itu, ketuk opsi Siri dan Pencarian, lalu aktifkan mode Tekan Tombol Samping untuk Siri. Jika sudah, Siri akan kembali beroperasi saat diminta.

Siri Hilang Sepenuhnya dari Pengaturan

Siri yang tidak mau merespons perintah mungkin terjadi karena perangkat lunak tersebut hilang dari Pengaturan. Hal ini bisa terjadi jika Anda sedang liburan ke negara atau wilayah yang tidak mendukung ketersediaan Siri.

Perlu diketahui bahwa asisten pribadi ini tidak berfungsi di semua negara. Untuk mengetahui apakah negara atau wilayah yang Anda datangi bisa mengoperasikan Siri, Anda bisa mengeceknya melalui halaman ketersediaan fitur di website resmi Apple.

Jika negara yang Anda datangi memang tidak terdaftar, Anda mungkin bisa mencoba mengganti batasan regional. Buka Pengaturan dan klik Umum, pilih Bahasa dan Wilayah, lalu pilih negara yang bisa mengoperasikan Siri.

Siri Tidak Merespons Saat Dipanggil

Selain mengaktifkan Siri melalui tombol samping, Anda bisa memanggil Siri dengan mengatakan Hai Siri. Jika Siri tidak mau merespons, fitur pemanggilnya mungkin belum diaktifkan. Oleh karena itu, Anda perlu mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu.

Buka Pengaturan, lalu klik Siri dan Pencarian, setelah itu buka opsi Dengarkan dan pastikan opsi pengucapan Hai Siri dan Siri sudah terpilih. Selanjutnya, kembali ke Pengaturan dan buka menu Siri di Aksesibiltas untuk aktifkan Selalu Dengar untuk Hai Siri.